-->

Buka Perjuangan Cafe? Pahami Analisa Dan Perizinannya

Bicara soal perjuangan memang lacur bagiku yang hanya sekelas pedagang kecil yang hanya bisa berjualan kopi di pinggir jalan. Ingin sekali rasanya punya perjuangan cafe dan resto kelak. Bukan warung kopi dipinggir jalan yang kadang ditagih preman jalanan. Tapi sebuah cafe megah bernuansa modern beserta bayangan laba melimpah yang mengikutinya. Layaknya caffe and resto milik kaum borjuis di negeri ini.
Bicara soal perjuangan memang lacur bagiku yang hanya sekelas pedagang kecil yang hanya bisa b Buka Usaha Cafe? Pahami Analisa dan Perizinannya


Mungkin tidak hanya aku, kau, beliau dan mereka ada yang ingin menggegam dunia dengan kepalan tangan. Selama ini tuan tuan abdi yang kita beri arti hanya bisa melempar tahi. Rasanya ingin ku pukul perut buncitnya dan ku injak injak hingga engkau mengerti menjadi rakyat kecil. Tapi sudahlah, keadilan itu tak hingga pada indera pendengaran budeg mereka. Sampai pada meja manajemen saja sudah luar biasa. Mari luaskan pikiran ini dengan banyak sekali acara perjuangan supaya kelak bisa menghajar mereka dengan uang.

Peluang perjuangan cafe di masa milenial

Arus global mengantarkan kita pada masa modern yang cenderung mempunyai kebutuhan serba praktis. Kebutuhan yang diharapkan setiap hari harus disediakan dalam bentuk hidangan siap saji. Entah waktu yang sehari yang menjadi lebih pendek atau alasannya yaitu kita yang terlanjur malas. Yang niscaya bukan salah generasi sebelumnya. Semua perubahan di dunia ini harus kita terima. Sisanya yaitu bertahan hidup. Bukan berburu dan meramu lagi. Kini kita harus berusaha keras menjalani profesi, pekerjaan dan atau usaha. Salah satunya yang akan kita bahas dengan membuka perjuangan cafe.

Tidak usah basa kedaluwarsa kalau bicara usaha. Apalagi soal perjuangan cafe baik dalam bentuk warung kopi, kedai maupun cafe modern. Kita setuju perjuangan ini menguntungkan. Tapi menguntungkan disini juga butuh penjabaran, kenapa kok menguntungkan. Tentu ada alasan dasarnya. Salah satu diantaranya yaitu pola hidup insan modern. Suka minum kopi ditempat nyaman sambil ngobrol dengan sobat karib. Apalagi kalau ada WIFI Gratis, bisa berjam jam menghabiskan waktu dengan hidangan yang bisa dibilang mahal untuk kelas bawah.

Ada satu lagi alasan bisnis cafe menjanjikan yang bersama-sama malas untuk diutarakan, yakni soal gengsi dan sok sokan. Ada sebagian insan yang makan dan minum di caffe and resto hanya untuk gaya-gayaan, pamer. Bukan ngarang apa gimana. Kalian juga niscaya memahaminya. Saya pun demikian. Ketika ada sobat yang gres tahu cafe dan restoran. Sok ajak ajak, duit gajian dibawa semua. Biasa minum di warung kopi yang Cuma 3 ribu dapat, kok ke cafe. Nyoba boleh tapi eling mas.

Pahami Perizinan Usaha Cafe dan Restoran


Semua perjuangan dihadapkan dengan banyak sekali perizinan yang harus didapatkan sesuai mekanisme pemerintah setempat. Pada perjuangan cafe ini atau bisnis bidang masakan meliputi aspek keamanan, ketentraman, dan legalitas usaha. Semua aspek terangkum dalam sebuah izin khusus yang disbeut dengan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP).

TDUP yaitu rangkaian izin perjuangan untuk cafe, restoran warung makan atau bisnis masakan lain yang dikeluarkan oleh Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di kantor kecamatan masing masing. Cara mengurus untuk mendapat izin TDUP sebelumnya harus mempunyai izin HO (Undang-Undang Gangguan) untuk daerah usaha. Kalian bisa mengurus izin HO ini di kantor kelurahan untuk daerah perjuangan yang luasnya tidak lebih dari 100 m2. Jika lebih dari ukuran tersebut, kalian harus di tingkat lebih besar, yakni melalui kecamatan hingga kantor walikota/kabupaten.

Syarat untuk mendapat izin TDUP yaitu berupa dokumen legalitas perjuangan dan identitas pemilik. Dokumen legalitas perjuangan untuk perjuangan berbentuk yang perlu disiapkan yaitu salinan dan orisinil sertifikat pendirian perusahaan, KTP eksekutif dan NPWP eksekutif perusahaan. Jika perorangan, kalian cukup fotokopi pemilik/penanggung jawab dan NPWP.

Satu lagi yang penting untuk bisa mengajukan TDIP, yakni berupa izin domisili perjuangan cafe. Surat Keterangan Domisili perjuangan didapatkan dari kelurahan setempat. Fungsinya yaitu menunjukan bahwa daerah perjuangan cafe sudah memenuhi syarat dan bebas dari sengketa. Jika kalian memanfaatkan lahan sendiri berupa daerah tinggal, Anda perlu mengecek zonasi dan peruntukan daerah yang ingin dijadikan daerah perjuangan di kantor PTSP/kelurahan.

Managamen perjuangan cafe dan restoran yang efektif

Ketika perjuangan sudah berjalan kita harus berpikir bagaimana mengelola perjuangan cafe supaya bisa bersaing. Sebelum mendirikan perjuangan memang perlu merancang jauh jauh mengenai managemen. Sebab saat sudah berjalan kita tinggal menerapkannya sesuai mekanisme yang sudah kita buat. Saya tidak bisa kisah secara menyeluruh, namun ada beberapa managemen yang harus ada dan benar benar diperhatikan khususnya jenis perjuangan cafe dan restoran perorangan.
Tenaga Kerja

Usaha cafe yang sukses didukung dengan managemen yang baik dan dikelola oleh sumber daya insan yang berkualitas. Wajib hukumnya menyeleksi tenaga kerja yang handal didalam bidangnya, khususnya yang berkaitan dengan sajian masakan dan minuman. Kalian membutuhkan tenaga kerja dapur, pelayan, kasir, manager, higienis bersih dan tukang parkir. Jika kurang silakan sesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja masing masing.
Managemen dapur

Seperti saya sebutkan di point pertama, tenaga dapur atau koki, bartender dll harus diambil dari orang yang berpengalam di bidangnya. Sehingga bisa membuat kualitas hidangan sajian yang nikmat. Selain internal dapur, kita juga harus berurusan pada ekternal dapur, yakni pihak pihak lain yang bekerja sama dengan cafe dan restoran kita. Contoh bekerja sama dengan suplier materi masakan dan minuman untuk kafe. Semua harus dikelola supaya proses jalannya perjuangan tidak ngadat alasannya yaitu kekurangan stok.
Managemen Pelayanan

Prinsip pelayanan perjuangan yaitu berikan pelayanan terbaik. Pakailah aturan bahwa tamu yaitu raja. Berikan segala pelayanan yang ada, supaya raja nyaman dan memberi kesan baik. Maka raja itu akan sering berkunjung alasannya yaitu produk dan layanan yang kita berikan. Layanan bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan gaya konsumen sekarang. Segi produk minuman dan masakan diusahakan lengkap. Kemudian akomodasi lain yang membuat nyaman yaitu dsesain cafe, wifi, musik hit.
Managemen Keuangan

Kalau sudah menyangkut keuangan perjuangan mungkin paling riskan diantara managemen yang lainnya. Sebab harus benar benar dikelola dengan baik. Sekalipun perorangan, kalian tetap harus mengelola keuangan dengan baik. Sebab jikad dikelola dengan baik bisa saja membuat perjuangan cafe tidak stabil. Anda bisa eksklusif terjun sendiri mengelolanya atau menyerahkan kepada sekertaris perjuangan untuk mengaturnya. Managemen keuangan yang baik terdiri atas laporan keuangan harian, bulanan dan tahunan.

Kendala Usaha Cafe dan restoran

Sebuah perjuangan niscaya mempunyai kenda hambatan yang harus dihadapi. Kendala umum pada bisnis masakan yaitu kalau tidak laris atau tidak habis maka masakan itu basi. Sebab masakan mempunyai batas layak untuk dimakan. Untuk itu kalian harus mempunyai managemen penyimpanan materi supaya awet, minimal dalam satu bulan. Kemudian demam isu musim tertentu harus mengikuti tertentu penjualan bisa menurun menyerupai demam isu hujan dan puasa. Sisi finansial untuk kelas menyerupai saya tentu jadi kendala, alasannya yaitu untuk membuka perjuangan kafe dan restoran membutuhkan modal perjuangan besar. Apalagi kalau sudah kelas modern.

Merinci modal dan estimasi keuntungan

Studi kelayakan perjuangan cafe restoran sebelum mendirikan memang harus dibentuk untuk merinci modal dan estimasi laba yang diperoleh secara keseluurhan. Meski kadang kurang akurat, tapi bisa menjadi citra berapa modal yang kalian habiskan. Plus minusnya tidak terlalu jauh. Mungkin akan saya beri teladan rincin modal perjuangan cafe lain kali di artikel lain.

Jalani dengan konsisten dan terus berikan layanan terbaik

Ilmu bisnis sukses yakni tekun dan terus mencar ilmu melayani pelangan supaya nyaman. Jika sang raja sudah tidak nyaman, maka sang raja akan berpaling. Bisa jadi mencari permaisuri baru. Tapi kalau pelayanan selalu terbaik, maka raja akan betah dan nyaman. Kaprikornus tetaplah jalani dengan konsisten. Usahamu ada ditanganmu.

0 Response to "Buka Perjuangan Cafe? Pahami Analisa Dan Perizinannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel