-->

Cara Ternak Lovebird Koloni Untuk Pemula, Simpel Dipahami!

Trend terbaru dalam ternak loverbird selalu berganti dari mulai jenis jenis lovebird favorit untuk diternakan hingga pada cara penangkaraannya. Lovebird sebagai burung kicau yang banyak digemari menarik banyak orang untuk mencoba untuk menangkarnya dalam jumlah banyak, artinya lovebird tidak hanya dijadikan burung yang dinikmati suarannya, melainkan dijadikan lahan bisnis yang menguntungkan. Dalam penangkaran jumlah besar, cara yang dipakai ialah cara ternak lovebird koloni. Lalu apa itu apa manfaatnya daan bagamana caranya?

Cara ternak love bird sistem koloni ialah cara ternak love bird dimana lovebird dikandangkan dalam satu sangkar yang cukup besar berisi lovebird dengan perbandingan 1  jantan : 5 betina. Artinya lovebird tidak dikandangkan secara berpasang pasangan/ sendiri sendiri. Dalam satu sangkar koloni hanya disi oleh satu jantan semoga tidak laga sesama loverbird jantan. Cara sistem koloni sebagai salah satu bentuk beternak lovebird untuk pembibitan yang baik atau dalam bahasa umumnya untuk menghasilkan anakan lovebird dengan perkawinan yang efektif. Oleh sebab itu, bila anda mempunyai lovebird dan ingin sukses ternak lovebird  cepat banyak sebaiknya anda memakai cara ini.

Keuntungan Cara Ternak Lovebird Koloni yang perlu kalian ketahui


Secara umum cara ternak lovebird koloni ini sama menyerupai ternak lovebird pada umumnya, hanya saja ada sedikit perbedaan atau penenkanan khusus pada sangkar koloni dan cara perkawinan lovebird. Anda sanggup menikmati manfaatnya menentukan cara ternak lovebird secara koloni sebagai berikut :
  1. Biaya lebih ringan
    Biaya pembuatan sangkar lebih murah membeli/ menciptakan sangkar satu persatu untuk indukan lovebird. Para penangkar lebih baik menciptakan sangkar koloni daripada harus menciptakan sangkar satu per satu yang akan sangat memakan daerah dan biaya.
  2. Burung tidak gampang stress
    Burung leoverbid yang ditangkar dalam sangkar koloni mempunyai ruang gerak yang lebih luas sehingga tidak gampang stress. Selain itu mempunyai rekan dalam satu sangkar yang sanggup menstimulasi pertumbuhan yang baik, terutama dalam suara.
  3. Kemudahan dalam perawatan lovebird
    Karena satu sangkar terdapat beberapa ekor sehingga kita akan menghemat waktu saat memperlihatkan pakan dan minum kepada burung. Dalam satu waktu sekaligus kita sanggup memperlihatkan pakan dan minum serta membersihkan kandangnya juga.
  4. Jumlah telur yang menetas pada sangkar koloni lebih banyak
    Tingkat kenyamanan dalam sangkar akan sangat kuat ppada kondisi induk yang mengerami telurnya. Jika mengalami stress otomatis suhu induk tidak stabil balasannya telur menetas sedikit. Berbeda dengan sisitemkoloni jumlah telur yang menetas pada pada sangkar koloni memang lebih banyak dibandingkan dengan tiap sangkar satu pasang. Alasannya ialah pada sangkar koloni burung tidak gampang stres dan mempunyai ruang gerak yang luas.

Kekurangan cara ternak lovebird koloni


Ada keuntungannya, begitu juga ada kekurangan cara ternak lovebird koloni yang perlu dikhaawatirkan ialah mengenai kondisi penyakit yang mnenular. bila ada burung yang terkena suatu penyakit akan gampanng menyerang burung lainnya yang ada dalam kandang. 

Cara menciptakan Kandang ternak lovebird koloni


Arti sangkar koloni ialah sangkar kumpulan dari beberapa pasang/ekor burung. Kandang lovebird koloni bila kita bayangkan saja bentuknya lebih besar dan luas sebab diisi lebih dari satu pasang lovebird. Kelebihan sangkar koloni tidak memerlukan sangkar banyak, proteksi pakan dan air minum jadi satu daerah dan menghemat biaya tentunya. Kandang ini cocok dan efektif untuk sangkar pembibitan lovebird dengan biaya kecil sebab memerlukan jantan lebih sedikit.

Dipasaran juga tersedia sangkar kandang koloni, namun lebih enaknya buat sendiri, sebab tidak terlalu sulit.

Bahan materi yang dipakai :

kayu reng, paku, dan kawat galvanis/ kawat ram dan papan kayu/triplek

Pilihan ukuran kandang.

Ukuran sangkar sanggup dibentuk sendiri, namun umumnya memakai ukuran ukuran yang ideal menyerupai referensi dibawah ini :

1. panjang 3 m, lebar 1,5 m, dan tinggi 1,5 meter
2. panjang 2 m, lebar 1,5 m, dan tinggi 2 meter
3. panjang 1,5 m, lebar 1,5 m, dan tinggi 1,5 meter
4. panjang 3 m, lebar 1,5 m, dan tinggi 2 meter
5. panjang 4 m, lebar 1,5 m, dan tinggi 2 meter

Anda sanggup melihat model model sangkar koloni dibawah ini sebagai contoh

 Trend terbaru dalam ternak loverbird selalu berganti dari mulai jenis jenis lovebird favo Cara Ternak Lovebird Koloni Untuk Pemula, Gampang Dipahami!
kandang ternak lovebird koloni


Perlengkapan sangkar yang harus tersedia berupa sarang, daerah bertengger, daerah pakan dan air minum.

Pemilhan Indukan Lovebird

Pemilihan induk jantan dan betina dalam ternak lovebidr koloni ialah langkah awal menentukan lovebird yang menghasilkkan induk kualitas Indukan. Untuk hal ini, anda harus benar-benar teliti dan akurat.  Untuk seleksi indukan LB jantan dan betina antara lain :
  1. LB jantan dan betina berusia minimal 1 tahun.
  2. Kondisi keduanya sehat dan fir/tidak sakit.
  3. LB jantan sudha berkicau/gacor.
  4. Tidak cacat fisik

Perawatan rutin Ternak Lovebird Koloni


Berikut Perawatan rutin harian dalam proses cara ternak lovebird koloni yang mencakup proteksi pakan dan air minum, serta pencucian sangkar bila diperlukan. 

Pemberian pakan 

Pakan yang diberikan untuk lovebird ialah milet, jewawut, kenari seed, biji sawi, jagung muda, kangkung, sawi, tauge, kroto, jangkrik kecil. Kunci semoga menghasilkan kualitas lovebird yang manis ialah adalah pakan yang bervariasi dan tidak monoton untuk mencukupi kebutuhan nutrisi lovebird selama diternak. Dan jangan lupa memperlihatkan multivitamin di dalam air minumnya. 

Cara proteksi pakan ada dua cara, yakni pakan kontiyu dan pakan tambahan. Pakan kontnyu ialah proteksi pakan yang selalu tersedia didalam kandang. Pakan komplemen ialah pakan yang diberikan secara terencana setiap hari. Pakan komplemen ialah pakan yang mengandung protein tinggi menyerupai kroto.

Cara perkawinan lovebird dalam sangkar koloni

Cara mengawinkan lovebird dalam metode dan cara ternak lovebird koloni ialah dibiarkan kawin secara alami, bila pemeliharaan normal. Jika ada tanda-tanda bururng tidak  mau kawin atau tidak nampak birahi gres kita tanggap dengan mengawinkan pada sarang burung lovebird. Caranya dengan memasukan jantan terlebih dulu, kemudian betinanya. Agar burung cepat birahi anda perlu menambah pakan komplemen yang mengandung protein tinggi.

Masa Pengeraman Telur

Indukan betina lovebird membutuhkan kenyamanan dan ketenangan di sangkar dan sekitar sangkar pada masa mengerami telurnya dengan baik. Karena bila terganggu dan stres suhu badan akan tidak stabil dan sangat kuat dengan daya tetas yang dihasilkan.  Pastikan tidak ada gangguan tikus, kucing, anjing, semut, kecoa atau parasit. Waktu pengeraman lovebird sekitar 18 hari, dan daya tetas telur tergantung dari kondisi lingkungan dan betina itu sendiri. Jika hingga hari ke-22 telur belum juga menetas, maka kemungkinannya ialah gagal menetas.

Penanganan lovebird sehabis kawin berhasil

Kalau kawin berhasil berarti siap siap kita harus memberi pakan yang baik semoga kualitas telur baik. Lovebird bertelur dalam 18 hari, sama menyerupai merpati. Jika sudah menetas biarkan indukan merawat hingga anakan keluar dari sarang. Setelah itu gres kita bantu sapih dengan makanan khsusus, makanan yang lebih lembut dari makanan burung indukan.

Pemisahan anak loverbird

Ketika anak anak burung lovebird sudah sanggup terbang dan makan sendiri, anak anak tersebut harus dipisahkan semoga tidak menggangu produksi induk berikutnya. Anak dikandangkan secara koloni hingga umur 7 bulan, sebab pada umur tersebut LB mulai sampaumur kelamin artinya sudah mulai mengenal pasangan. Kaprikornus harus dipisah membentuk koloni gres untuk pendewasaan dan dijadikan indukan baru.

Bagaimana? Kaprikornus letak bedanya hanya pada kandangnya ya. Kaprikornus tidak usah galau bingung saat mau membuka perjuangan burung dengan cara ternak lovebird koloni. Demikian ulasannya yang mungkin sanggup anda terapkan dirumah. Semoga bermanfaat, terima  kasih.

0 Response to "Cara Ternak Lovebird Koloni Untuk Pemula, Simpel Dipahami!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel