Penikahan jadi momen yang dinanti oleh banyak orang. Namun,tak sedikit orang yang menunda menggelar pesta ijab kabul lantaran dana yang belum terkumpul banyak. Pasalnya biaya pesta ijab kabul memang tidak murah. Kamu harus mengeluarkan uang untuk sewa gedung, bikin undangan, bikin seragam, sewa jasa dekorasi, katering sampai souvenir.

Tenang, diantara sekian banyak kebutuhan, kau masih bisa memangkas dana pesta ijab kabul dengan bikin souvernir sendiri kok. Tanpa harus mengandalkan jasa profesional, kini kau bisa membuat souvenir yang indah dengan cara yang gampang . Jika mulai menggarapnya jauh-jauh hari sebelum pernikahan, souvenir yang ratusan jumlahnya tak tidak mungkin kau buat dengan tangan sendiri. Penasaran? Berikut ini instruksinya.

1. Berikan para tamu undangan satu pot flora sukulen yang gampang dirawat, dijamin tamumu niscaya tak akan menolak.

Agar para tamu undangan tak menyesal telah tiba ke pesta ijab kabul yang kau gelar, berikanlah souvenir yang berkesan. Misalnya satu pot flora sukulen yang mungil. Cara membuatnya juga gampang kok. Pesan aneka macam jenis flora sukulen berbentuk mini dari mulai harga Rp. 1500- Rp. 5.000. Lalu beli pot flora plastik sekitar Rp. 1000. Agar lebih menarik, kau bungkus pot tanamanmu dengan kertas karton berwarna coklat.

Caranya, gunting kertas membentuk segiempat dan letakkan pot di belahan tengah. Setelah itu, gunakan jari untuk membuat pola bungkusan menyerupai pada gambar. Lalu ikat dengan tali rotan yang harganya murah. Jangan lupa pasangi label hari ijab kabul kalian ya. Makara deh. Cepat dan gampang ‘kan? Membuat souvenir sendiri itu tidak ribet kok, asal kau mau mempersiapkan jauh-jauh sebelum hari pernikahan.

2. Sembari mencerdaskan belum dewasa bangsa, menyediakan souvenir unik paket menggambar dengan tema ijab kabul juga bisa bikin pesta penikahanmu tak gampang dilupakan.

Kamu ingin hari pernikahanmu dikenang banyak orang? Gampang! Bikin saja souvenir unik yang jarang diterapkan banyak orang. Salah satunya yaitu paket menggambar bertema pernikahan.
Cara bikinnya gampang kok. Pertama-tama cetak sketsa gambar bertema pernikahan, contohnya pengantin, masakan ringan manis penikahan, atau gaun di kertas HVS putih. Lalu selipkan 3 crayon warna yang berbeda. Tenang, alat gambar ini harganya murah kok 1 paket crayon isi 12 bisa kau beli dengan harga kurang lebih Rp 6.500. Lalu tambahkan clipboar yang harganya murah sekitar Rp.5000an sebagai alas. Kemudian ikatlah memakai benang rajut. Dan jangan lupa tambahkan label ijab kabul berisi tangga dan nama kedua mempelai.

Nah, kalau ingin lebih murah lagi, clipboard bisa ditiadakan kok. Dengan souvenir ini, kau bukan hanya bikin pernikahanmu tampak unik, belum dewasa para tamu undangan juga bisa menjadi lebih kreatif lagi.

3. Berikan tamu undanganmu sebotol mini candy ball warna-warni, alhasil mereka niscaya jadi lebih ceria lagi.

Sebagai rasa terima kasih, maka kau harus memperlihatkan souvenir yang menarik. Salah satunya dengan mnghadiahi botol mini berisi candy ball warna-warni. Tak perlu bayar jasa profesional untuk membuatnya, kau bisa menciptakannya sendiri kok.

Beli botol jar mini dengan harga sekitar Rp. 3000 an. Lalu isi dengan candy ball warna-warni yang bisa kau beli perkilo. Setelah itu, labeli dengan stiker yang kau desain sendiri. Setelah itu, pasagi pita di denah tutupnya. Praktis ‘kan? Ratusan souvenir bisa kau selesaikan dalam waktu sebulan kalau kau mengerjakannya saban simpulan pekan.

4. Hanya dengan sedikit sentuhan kreativitas, mini notebook yang murah meriah bisa kau jadikan sebagai souvenir hari pernikahan.

Kamu ingin memperlihatkan souvenir yang bermanfaat tapi tetap indah dan bikin pernikahanmu tak terlupakan? Kamu bisa menambatkan hati pada souvenir dalam bentuk mini notebook. Tenang, kau tak perlu buru-buru pesan ke percetakan. Demi menghemat biaya pernikahan, kau bisa bikin sendiri di rumah.

Caranya gampang kok, kau siapkan kertas HVS. Lalu kau bagi kertas menjadi 6 bagian. Lipat secara vertikal dan gunting tengah-tengan kertas pada dua kotak. Setelah itu kau renggangkan, dan satukan dua sudut guntingan. Makara deh buku saku yang berjumlah 8 halaman. Nah, semoga lebih menarik, kau gunakan kertas HVS warna-warni dan pasangi cover buku yang kau bikin sendiri. Misalnya gambar digital menyerupai pada pola di atas atau sketsa unik yang kau sukai. Selain murah meriah, souvernir menyerupai ini bisa bikin pernikahanmu tak terlupakan.

5. Tabung reaksi tak hanya bisa dipakai untuk penelitian, kau juga bisa memanfaatkannya sebagai wadah resep kopi untuk para tamu undangan.

Menghemat biaya ijab kabul bisa dilakukan dengan cara membuat sendiri souvenir yang akan diberikan pada tamu undangan. Salah satunya yaitu ramuan kopi yang dalam botol reaksi. Jenis souvenir ini murah dan gampang dibentuk kok.

Botol reaksi bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 3500 per botol. Lalu masukkan materi ramuan kopi. Dan jangan lupa pasangi label petunjuk penggunaan dipermukaan botol ya. Label ini bisa kau desain sendiri dan cetak di jasa percetakan. Tenang, harganya murah, untuk 15 biji lembar kau hanya mengeluarkan uang sekitar Rp. 5000an. Lalu tutup dengan potongan kayu atau plastik.
Nah, semoga lebih menariik, buat saja pilihan menu. Misalnya, mocha berisi kopi, susu, dan coklat. Espresso berisi kopi hitam saja. Dan kopi tubruk berisi kopi dan gula pasir. Souvenir menyerupai ini niscaya bikin tamu undanganmu tak sabar untuk menyeduhnya di rumah. Gampang dan menarik ‘kan?

6. Ingin memperlihatkan souvenir glamor tapi murah? Buat saja gelang manik-manik sendiri di rumah.

Sebagai ucapan terima kasih pada para tamu undangan, gak ada salahnya memperlihatkan souvenir yang glamor dan berharga. Tanpa meninggalkan kesan glamor namun tetap murah, pilih saja gelang manik-manik sebagai souvernirmu.

Beli manik-manik secara grosir, harganya cukup menyenangkan Rp 5000 bisa mendapat 200 biji. Lalu rangkai 15-20 biji pada tali gelang yang juga bisa kau beli secara grosiran. Jangan lupa pasangi label ucapan terima kasih atau kata-kata mutiara. Dijamin, tamu undangan niscaya bakal senang.

7. Selain menyelamatkan lingkungan, souvenir dalam bentuk bibit flora juga bikin mereka ingin segera ikut andil menanam.

Cara membuat semoga pesta ijab kabul yang kau gelar terasa berkesan itu gampang kok, salah satu caranya dengan memperlihatkan souvenir yang unik dan berbeda dari lainnya, contohnya dengan memperlihatkan bibit tanaman. Kamu bisa pesan bibit perkilogram semoga lebih murah. Misalnya kacang, cabai, bayam, atau pepaya. Lalu kau beli kertas karton warna coklat yang berukuran dan bikin amplop kecil darinya.

Caranya, gunting kertas berbentuk persegi panjang ukuran 13 x 15 cm. Lalu buat pola menyerupai pada gambar dan gunting bersamaan beberapa tumpukan lembar kertas semoga cepat selesai. Kemudian rangkailah pola memakai lem semoga amplop mini tercipta. Gunakan amplop buatanmu sendiri sebagai wadah bibit souvenir. Dan jangan lupa tulis label, kata-kata indah atau ucapan terima kasih dari pena ya.

8. Kalau tamu undangan tak terlalu banyak dan budgetmu lumayan, gak ada salahnya berikan souvenir mini buket bunga yang indah dan bikin mereka merasa bahagia.

Kamu menggelar program ijab kabul yang lebih privat dengan tamu undangan yang terbatas? Berikan saja souvenir berupa buket bunga mini yang kau bikin sendiri. Biayanya gak mahal kok, kau hanya butuh uang Rp. 5000an untuk satu buket ini. Nah, cara bikinnya gampang kok, beli saja jenis bunga yang murah contohnya bunga mawar. Kalau kau beli secara grosiran, kau bisa mendapat mawar dengan harga murah Rp 1.000 -2.000 pertangkai mawar. Lalu satukan dengan beberapa jenis bunga kecil yang murah atau daun tambahan. Lalu kemas memakai kertas krep.

Caranya, gunting kertas berbentuk segi empat, kemudian letakkan buket bunga yang sudah diikat dengan tali di belahan tengah. Tutup buket dengan menarik sisi kertas belahan kanan, belahan bawah dan dan belahan kiri. Kemudian ikat dengan tali rotan. Nah, semoga lebih cantik, kau bisa tambahkan kertas coklat. diluarnya. Dan jangan lupa berikan label ucapan terima kasih atau kata-kata puitis ya.
Souvenir dalam ijab kabul memang tidak wajib, tapi para tamu undangan akan merasa senang ketika kau memberinya sebagai rasa terima kasih pada mereka. Nah, semoga biaya ijab kabul bisa lebih hemat dan tamu undangan tetap senang, souvenir yang bisa dibikin sendiri di rumah ini layak jadi pilihan.

Tanpa harus pesan di jasa profesional, 8 cara ini bisa kau andalkan untuk menghadirkan souvenir murah dan indah.

Peluang Usaha Souvenir Pernikahan Untung Besar Modal Kecil 

Bisnis souvenir ijab kabul merupakan salah satu perjuangan yang sudah semenjak usang dijalankan sebagian masyarakat Indonesia dan kini mulai bergeliat kembali. Souvenir ijab kabul sangat diharapkan ketika momen ijab kabul berlangsung untuk mengenang ketika peristiwa-peristiwa penting yakni perkawinan sebuah program sakral dan besar lengan berkuasa besar dalam kehidupan seseorang. Perkawinan merupakan salah satu jalan untuk menghalalkan tubuh orang lain sebagai wujud cinta yang kuat seorang manusia kepada pasangannya.
 
Peluang Usaha Souvenir Pernikahan Untung Besar Modal Kecil
Seperti sudah disebutkan sebelumnya, oleh alasannya itu, lantaran setiap pengantin menginginkan pernikahannya sanggup selalu dikenang dengan indah oleh mereka dan orang lain atau tamu undangan yang hadir, mereka rela merogoh kocek yang dalam untuk memesan souvenir pernikahan. Mereka akan memperlihatkan cenderamata atau souvenir itu kepada keluarga besar dan orang lain atau tamu undangan yang hadir sebagai hadiah kenang-kenangan momen ijab kabul mereka.

Menurut data penulis di lapangan, seruan akan souvenir ijab kabul di tanah air setiap tahun meningkat pesat apalagi pada bulan-bulan tertentu menyerupai bulan Zulhijjah. Hal ini mengakibatkan peluang perjuangan souvenir ijab kabul berpotensi menghasilkan laba besar dengan modal kecil. Peluang bisnis souvenir ijab kabul merupakan perjuangan rumahan yang sanggup dijalankan sebagai pekerjaan sampingan, namun dengan potensi laba yang tidak mengecewakan besar.

Berikut ini macam-macam Peluang Usaha Souvenir Pernikahan Untung Besar Modal Kecil yang sanggup dijalankan sebagai bisnis sampingan di rumah, antara lain:

1. Souvenir produksi sendiri. Apabila anda mempunyai kreatifitas dan keahlian dalam membuat souvenir atau kerajinan tangan yang unik diadaptasi dengan tema ijab kabul maka tak salahnya anda mencoba perjuangan pembuatan souvenir ijab kabul produksi sendiri, contohnya korek api gas atau gantungan kunci dengan tabrakan goresan pena kedua mempelai dan dicantumkan tanggal pernikahan. Anda bisa membuat souvenir perkawinan dalam bentuk lainnya tergantung kreatifitas dan keahlian anda.

2. Souvenir produksi semi sendiri. Maksudnya, anda membeli produk souvenir yang umum kemudian anda ubah menjadi souvenir ijab kabul yang sudah jadi. Misalnya tas atau anda membeli tas dalam jumlah besar dengan harga sangat murah, kemudian anda kreasikan sendiri tas tersebut menjadi souvenir ijab kabul yang unik dan menarik. Bisnis souvenir ijab kabul jenis ini akan menghemat tenaga dan pikiran anda

3. Distributor. Anda sebagai biro souvenir ijab kabul yang menyalurkan produk-produk souvenir tersebut kepada para pengantin. Contohnya, kalau anda bertempat tinggal di Bandung, anda bisa membeli souvenir ijab kabul di Yogyakarta dalam jumlah besar, kemudian mendistribusikannya kepada para calon pengantin. Keunggulan jenis perjuangan souvenir ini ialah anda tidak direpotkan dalam pembuatan souvenir pernikahan.

Itulah tiga jenis perjuangan souvenir ijab kabul yang bisa anda jalankan kini ini. Anda bisa menentukan salah satunya diadaptasi dengan modal dan kemampuan serta keterampilan anda. Yang penting dalam perjuangan ini yaitu promosi yang sempurna dan akurat. Contohnya berafiliasi dengan pengusaha katering pernikahan, wedding organizer, dan lain-lain.

Demikianlah Peluang Usaha Souvenir Pernikahan Untung Besar Modal Kecil. Souvenir ijab kabul yaitu barang sederhana yang gampang dan mudah dibawa kemana-mana. Keuntungan dari bisnis souvenir ijab kabul ini bervariasi. Misalkan dari satu souvenir, anda mematok laba Rp.3000,- maka kalau pesanan sebanyak 500 buah, anda mendapat laba higienis mencapai Rp. 1.500.000,- untuk satu kali momen pernikahan. Lumayan bukan. Anda bisa memakai sistem uang muka atau pembayaran di depan sebagai pengikat dan untuk mencegah terjadinya penghapusan pesanan.