-->

Peluang Bisnis Binatang Peliharaan Yang Menguntungkan

Sunday, February 24, 2013

pengertian

Hewan atau disebut juga dengan binatang ialah kelompok makhluk hidup yang diklasifikasikan dalam kerajaan Animali, ialah salah satu dari aneka macam makhluk hidup di bumi. Sebutan lainnya ialah fauna dan margasatwa (atau satwa saja). Hewan atau binatang ini setiap hari bisa kita temui di lingkungan sekitar kita. Banyak cara untuk menggolongkan hewan, binatang sanggup digolongkan berdasarkan tempat hidupnya, jenis makananya, berdasarkan epilog tubuhnya, cara berkembangbiaknya, dan cara bernafasnya, epilog tubuhnya, cara geraknya, dan cara bernapasnya. Sebenarnya ada penggolongan yang lebih umum, yaitu penggolongan binatang berdasar tulang belakangnya. Vertebrata yaitu binatang yang bertulang belakang. Invertebrata atau Avertebrata yaitu binatang tanpa tulang belakang.Jenis kuliner setiap binatang ialah tertentu. Namun, pada dasarnya makanan itu berasal dari tumbuhan atau binatang lainnya. 

A. Berdasarkan tempat hidupnya
Berdasarkan tempat hidupnya binatang digolongkan menjadi binatang darat, binatang air, dan ampibi(di darat dan di air) . Berikut rujukan binatang berdasarkan tempat hidupnya
  • Hewan yang hidup di darat Contoh : kambing, kucing, sapi, dan kerbau.
  • Hewan yang hidup di air, Hewan air tawar (Hewan yang hidup di air tawar) Contoh : Pesut, Lele, Arwana, Koi,Mujair, dan Sepat. Hewan air maritim (Hewan yang hidup di air laut) Contoh : Kakap, Tongkol, Lumba-lumba, Paus, dan Singa laut. Hewan air payau (Hewan yang hidup pada adonan air maritim dan air tawar. Contoh : Bandeng dan udang windu
  • Hewan amfibi (hewan yang hidup didarat dan di air) Contoh : Katak dan Salamander
B. Berdasarkan jenis makanannya
Berdasarkan jenis makanannya, binatang dikelompokkan menjadi tiga yaitu herbivora, karnivora, dan omnivora. Herbivora ialah binatang pemakan tumbuhan, karnivora pemakan daging, dan omnivora ialah pemakan segala (tumbuhan dan binatang lain). Berikut ini rujukan masing-masing kelompok binatang :
  • Herbivora (Hewan pamakan tumbuhan), contoh : Kambing, Sapi, Kerbau, dan Kuda
  • Karnivora (Hewan pemakan daging), contoh : Kucing, Harimau, Anjing, dan Singa
  • Omnivora (Hewan pemakan tumbuhan dan binatang lain), contoh : Ayam, Bebek dan Musang
C. Berdasarkan epilog tubuhnya
Penggolongan binatang berdasarkan jenis penutup tubuhnya sanggup dibagi menjadi binatang berkulit kering bersisik, kulit bersisik, kulit tipis berlendir, berbulu, hewan yang kerangkanya dari zat kitin, dan hewan yang kerangkanya dari zat kapur. Berikut rujukan binatang berdasarkan epilog tubuhnya.
  • Kulit kering bersisik, Bangsa binatang melata, antara lain, kadal, bunglon, ular, kura-kura, cecak, biawak, buaya, dan trenggiling. 
  • Kulit bersisikBangsa ikan, antara lain, ikan mujair,, bandeng, kerapu, kakap, tuna tak bersisik, arwana, dan oskar. 
  • Kulit tipis berlendirBangsa amfibi, antara lain, katak dan salamander.
  • Kulit berbulu atau kulit berambut Bangsa burung, antara lain, elang, bebek, kenari, merpati, betet, ayam, belibis, burung hantu, rajawali, dan burung dara.  Bangsa binatang buas dan binatang rumah, antara lain, harimau, singa, serigala, anjing, dan kucing.  Bangsa binatang yang berjalan di atas kuku kakinya, antara lain kambing, kerbau, banteng, sapi, kuda, dan domba.
  • Kerangka luar dari zat kitin, Bangsa serangga, antara lain, belalang, rayap, lalat, capung, lebah, dan walang sangit.  Bangsa udang, antara lain, kepiting, ketam, dan udang.  Bangsa laba-laba, antara lain, tungau, kalajengking, laba-laba, dan caplak. 
  • Kerangka luar dari zat kapur ,(cangkang) Bangsa kerang, antara lain, siput dan kerang.
D. Berdasarkan cara geraknya
Berdasarkan cara geraknya binatang digolongkan menjadi : berenang, terbang, berjalan, melompat, melata, memanjat, dan bergelantungan. Berikut rujukan binatang berdasarkan cara geraknya.
  • Berenang memakai siripnya, antara lain, paus dan lumba-lumba
  • Terbang memakai sayap, antara, lain, kupu-kupu, burung, kumbang, belalang, lebah, dan capung, 
  • Berjalan dengan kakinya, antara lain, ayam, burung, itik, angsa, kuda, dan gajah
  • Melompat, antara lain, katak, kelinci, dan kanguru
  • Melata, antara lain, ular, cacing, dan buaya
  • Memanjat dengan kedua tangan dan kakinya, antara lain, beruk
  • Bergelantungan dengan kedua tangan dan kakinya, antara lain, kera dan orangutan
E. Berdasarkan cara berkembangbiaknya
Berdasarkan cara berkembangbiaknya binatang digolongkan menjadi lima golongan, yaitu ovipar, vivipar, ovovivipan, membelah diri, dan bertunas. Berikut rujukan binatang berdasarkan cara berkembangbiaknya.
  • Ovipar (Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur), contoh : Ayam, Bebek, dan Angsa
  • Vivipar (Hewan yang berkembangbiak dengan cara beranak), contoh : Kambing, Sapi, gajah, dan Kuda
  • Ovovivipar (Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur dan beranak) , contoh : Buaya dan Ular.
  • Bertunas, misalnya hydra;
  • Membelah diri, misalnya amoeba dan bintang laut.
F. Berdasarkan cara bernafasnya
Berdasarkan cara bernapasnya binatang digolongkan menjadi binatang yang bernapas dengan insang, trakhea, paru-paru, kulit, dan bernapas dengan paru-paru dan kulit. Berikut ini rujukan binatang berdasarkan cara bernafasnya.
  • Hewan yang bernafas dengan insang, contoh : Ikan
  • Hewan yang bernafas dengan trakhea, contoh : Kupu –kupu, Lebah, belalang, dan semut
  • Hewan yang bernafas dengan paru-paru Contoh : Tikus, Kelelawar, Ular, Lumba-lumba, dan Paus
  • Hewan yang bernafas dengan kulit, contoh : cacing tanah
  • Hewan yang bernafas dengan paru-paru dan kulit, contoh : Katak
Disekitar kita ada binatang liar dan binatang peliharaan. Apa itu binatang liar dan binatang peliharaan ?. Berikut klarifikasi dan rujukan binatang peliharaan dan binatang liar.
  • Hewan liar artinya binatang yang tidak dipelihara orang dan hidup bebas. Contoh : katak, Nyamuk, Cicak, dan Ular.
  • Hewan peliharaan artinya binatang yang dipelihara manusia. Contoh : Ayam, Itik, Kambing, dan Sapi
Hewan Liar ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan. Berikut rujukan binatang liar yang merugikan dan menguntungkan :
  • Hewan liar yang menguntungkan, Contohnya : Cacing tanah, Katak, dan Cicak.
  • Hewan liar yang merugikan, Contohnya : Lalat, Nyamuk, dan Kecoak.

Peluang perjuangan 28 Jenis Hewan Ternak Menguntungkan

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, mulai dari laut, dan buminya. Indonesia juga mendukung masyarakatnya untuk beternak. Karena letak geografis Indonesia hanya mempunyai 2 musim yaitu panas dan hujan. Hampir semua binatang ternak akan bisa hidup terhadap musim tersebut. Hewan ternak yang hidup di Indonesia umunya binatang ialah jenis binatang yang sanggup dijadikan sebagai ladang bisnis.



Indonesia dikala ini membutuhkan lebih dari 10.000 pengusaha gres untuk membantu meningkatkan perekonomian masayarakat Indonesia. Karena hingga dikala ini pengusaha yang ada di indonesia gres mencapai 2% dari seluruh total jumlah penduduk indonesia. Salah satu pengusaha yang dibutuhkan di Indonesia ialah pengusaha ternak. Potensi untuk mendapat keuntungan yang besar dari perjuangan ternak sangat menjanjikan. Pasar indonesia dikala ini masih mengimpor daging ternak dari aneka macam negara untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat indonesia, selain itu sedikitnya pengusaha ternak di indonesia menciptakan harga daging sapi maupun daging jenis lainnya menjadi lebih tinggi.
Artikel ini tidak hanya membahas menganai ternak sapi maupun ternak kambing, namun membahas aneka macam jenis binatang ternak yang berpotensi menghasilkan untuk yang besar bagi pengusaha peternak. Umunya para pengunjung mengetikan kata kunci jenis binatang ternak menguntungkan untuk menuju ke artikel ini.

Peluang perjuangan ternak binatang yang menguntungkan itu apa saja ?
Sebagai anak agribisnis, saya berharap goresan pena ini bisa menciptakan para pembaca keluar dari zona kebingungan mengenai ide peluang perjuangan ternak, lantaran perjuangan ternak tidak melulu lele ayam, sapi dan kambing saja.
Inilah rujukan segelintir peluang perjuangan dari jenis ternak menguntungkan yang bisa dilakukan di rumah.

1. Ternak Sapi

Sapi ialah sejenis binatang yang memakan rumput, jenis ternak ini masih sangat terkenal di Indonesia. Untuk mewujudkan peraturan harga daging sapi menjadi 80 ribu, haruslah diperbanyak para peternak sapi indonesia. Hal ini juga sanggup mengurangi dampat impor daging dari luar negri.

2. Ternak Ular Kobra

Ternak ular menjadi pilihan yang sempurna untuk anda pencinta reptil, harga ular kobra per ekor juga tidak mengecewakan mahal yaitu 600.000 hingga 1.500.000. Bisnis ini tergolong jarang di lakukan di Indonesia, mungkin lantaran pasar jualnya di Indonesia kurang bagus. Namun di luar negri jenis ternak mirip ini sudah sangat di kembangkan. Jika anda tertarik tidak ada salahnya untuk mencoba, pasar jualnya bisa menggapai kepasar ekspor.

3. Ternak Burung

Untuk ternak burung, seseorang hanya perlu mempunyai sedikit keahlian saja, yaitu tau kondisi yang dirasakan burung dan rajin untuk memberi pakan. Ternak burung masih menjadi musim di Indonesia dan harga jual burung juga masih relatif stabil. Burung yang yang menghasilkan untuk yang besar yaitu ternak burung kace, murai batu, love bird (burung cinta). Anda juga bisa beternak burung mirip BEO dan Jalak Bali namun anda harus mempunyai surat izin dari pemerintah sebelum mulai ternak burung tersebut.

4. Ternak kambing

Kambing ialah sejenis hewab herbivora atau bisa disebut pemakan tumbuh-tumbuhan, perjuangan ternak kambing ini juga menjadi alternatif perjuangan sesudah ternak sapi, perjuangan ternak kambing tidak terlalu rumit mirip memelihara sapi. Namun keuntungan yang didapatkan juga tidak mengecewakan besar.

5. Ternak Ayam petelur

Peternak ayam petelur sama mirip peternak binatang lain yang hidupnya jauh dari pemukiman warga atau di kota. Konsumsi telur di indonesia semakin hari semakin meningkat, bukan hanya dimakan oleh masyarakat namun dijadikan menjadi produk yang lebih bernilai harganya seperi mayones dan lainnya. Usaha ayam petelur tergolong mudah, lantaran hanya menawarkan makan dan perawatan sederhana. Tidak perlu untuk mengeluar dan memasukkan ayam kedalam kandang.

6. Ternak Ayam Negri

Jenis peluang perjuangan ini masih banyak dilirik pengusaha muda, namun tidak sedikit juga pengusaha yang angkat kaki dari jenis perjuangan ini, mungkin lantaran belum tau cara mengelolanya. Negara ini masih membutuhkan ayam negri / yang biasa disebut ayam potong dengan jumlah yang banyak, untuk menyuplai restoran hotel dan tempat masakan lainnya. Tidak sedikit dari mereka yang bisa bertahan di bisnis ini jadinya mendapat kesuksesan yang luar biasa.

7. Ternak Ayam Kampung

Beda dengan ternak ayam negri, jikalau ternak ayam kampung membutuhkan waktu yang lebih lama. Banyak orang yang menyukai daging ayam ini. Tetapi orang yang menjualnya hanyalah peternak tertentu saja. Untuk penyemangat saja, dalam berternak ayam kampung sebaiknya juga beternak ayam bangkok. Kenapa begitu? Jika kita memelihara ayam bangkok ruang lingkup pasar kita akan semakin luas. Orang yang hobi ayam bangkok atau petarung biasanya mempunyai hubungan sahabat yang sangat banyak dan simpel untuk diajak menjadi partner berbisnis.

8. Ternak Jangkrik

Semakin banyak pengusaha ternak burung, semakin banyak konsumsi jangkrik yang dibutuhkan. Saat ini tidak hanya pengusaha burung saja yang membutuhkan pakan ternaknya dari jangkrik, namun orang yang hobi burung juga membutuhkan jangkrik sebagai pakan burung peliharaannya. Kenapa mereka menentukan jangkrik sebagai pakan burungnya? protein yang ada dalam jangkrik baik untuk pertumbuhan burung peliharaan, apalagi untuk burung yang di ikutkan kontes.

9. Ternak Ikan Lele

Ternak lele juga menjadi andalan pengusaha pemula. Karena bisnis ini tergolong simpel dan murah. Hanya memerlukan waktu tidak kurang dari 3 bulan lele sudah siap untuk dipanen. Jika proses budidayanya dilakukan dengan cara yang modern waktu yang dibutuhkan untuk panen akan lebih cepat. Saya belum tahu kenapa hingga dikala ini pasokan lele di suatu daerah selalu kurang, misalnya ialah kota Yogyakarta. Peternak lele orisinil dari jogja belum bisa memenuhi undangan konsumsi lele di kota sendiri, jadinya pemasok dari luar daerahlah yang sanggup memenuhi kebutuhan konsumsi lele tersebut.

10. Ternak Ikan Nila

Ikan nila bisa menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan untuk anda. Ikan nila suka dan cocok hidup di air yang mengalir. Harga jual ikan nila juga tidak mengecewakan mahal jikalau sudah hingga dipasar. Tidak usah takut dari mana pembeli ikan nila yang akan anda kelola, banyak restoran hotel yang membutuhkan jenis ikan ini asalkan anda bisa memberikannya secara kontiniu atau berkelanjutan.

11. Ternak Ikan Gabus

Ikan gabus dipercaya sanggup menyembuhkan aneka macam penyakit. Protein dan kandungan vitamin lainya juga baik untuk pertumbuhan anak anak. Banyak dari pengusaha masakan yang membutuhkan ikan jenis gabus untuk dijadikan sebuah kue, dan produk kuliner lainnya yang bisa dimakan pribadi ketika sedang ada diperjalanan. Selain untuk menyuplai pengusaha kuliner, undangan gabus dipasaran juga masih cukup banyak.menyembuhkan aneka macam macam penyakit

12. Ternak Cacing

Saya pernah baca artikel kalau bisnis cacing tanah itu untungnya sangat besar, dan gosip yang saya sanggup ada yang mencapai 300 juta perbulan. Namun untuk banyak dan luas lahan yang dibutuhkan saya kurang tahu. Pasar dari perjuangan ini ialah meliputi pasar ekspor, biasanya di jepang dan belanda.

13. Ternak Belut

Peminat belut ialah orang orang tertentu saja, itu yang menciptakan harga belut menjadi mahal. Tidak semua orang bisa membudidayakan belut. Jika anda merasa bisa untuk membudidayakannya segera lakukan saja. Pasar dari penjualan belut juga menembus pasar ekspor.

14. Ternak Keong

Di kalangan petani, keong ialah hama penyakit, tapi di kalangan ilmuan atau medis, keong ialah obat yang sangat bagus untuk beberapa penyakit pada manusia. Semakin hari keberadaan keong disawah semakin sedikit, Ini bisa menjadi peluang untuk anda membudidayakan keong. Penjualannya juga sudah masuk pasar ekspor.

15. Ternak kroto

Jaman dulu untuk mendapat kroto tergolong simpel lantaran alam sudah menyediakan. Namun mengikuti perkembangan jaman kroto yang ada di alam sudah kian menipis. Potensi ternak kroto untuk mendapat keuntungan yang besar sangat tinggi. Di tandai banyaknya pabrik pakan burung yang membutuhkan kandungan kroto alami untuk pencampuran produk yang ingin dihasilkan.

16. Ternak Bebek

Daging angsa sangat di sukai banyak orang, selain anda ternak angsa anda juga akan mendapat telur telur bebekk yang bisa anda buat sebagai telur asin. Menyelam sambil minum air. Harga daging angsa pun relatif masih mahal. Jika dilihat, sangat jarang sekali orang yang membutuhkan bebek. Namun jikalau anda sudah terjun di dunia bisnis peternakan bebek, anda tidak akan menerka bahwa ternak angsa sangat menguntungkan.

17. Ternak Kelinci

Peminat kelinci bukan hanya untuk dikonsumsi namun juga untuk dipelihara lagi bagi orang yang hobi dengan binatang ini. Harga kelinci untuk di konsumsi mungkin lebih murah dari pada kelinci untuk dipelihara, namun semurah murah nya harga kelinci, masih lebih mahal dibandingkan jenis binatang ternak kecil lainnya. Keuntungan untuk bisnis ternak kelinci relatif tinggi. Tidak disangka sangka, undangan kelinci biasanya ialah dari luar daerah.

18. Ternak marmut

Beda dengan kelinci, bertenak marmut tergolong lebih simpel dan cepat, namun harga jualnya juga lebih murah. biasanya marmut untuk di pelihara lagi dan juga dikonsumsi. Jenis kuliner yang sudah jadi dari marmut biasanya ialah sate.

19. Ternak Tokek

Tokek ialah binatang yang dilindungi. Untuk memulai perjuangan ini anda harus mempunyai surat izin dari pemerintah biar tidak terkena pasal. Harga tokek relatif mahal, lantaran binatang ini di gunakan sebagai ramuan obat mujarab / penyembuh aneka macam penyakit bagi para medis.

20. Ternak Udang

Udang sendiri biasanya dibudidayakan oleh peternak yang berdomisili hidup di pinggiran pantai. Udang samapai dikala ini masih menjadi kebutuhan yang sangat diminati oleh pasar. beternak udah membutuhkan modal yang tidak mengecewakan besar, namun keuntungan yang didapat juga sepadan. Ternak tidak ada matinya, lantaran udang itu kuliner faforit kebanyakan orang, selain peminatnya banyak, harga udang juga relatif mahal.

21. Ternak Ikan Arwana

Siapa sangka dan tidak pernah menyangka selain harganya yang melejit sampe kelangit, ikan arwana juga di percaya sebagai ikan pembawa rejeki yang melimpah. Harga ikan arwanan yang tidak mempunyai cacat dan mempunyai standar tertentu bisa hingga 1 milyar rupiah. Namun jangan memikirkan harga segitu, ikan arwana juga dipercaya membawa rejekin bagi orang yang membudidayakannya.

22. Ternak Ikan Kakap

Ikan kakap mempunyai pasar yang cukup bagus, yaitu orang orang yang mempunyai banyak uang. Harga semangkuk kepala ikan kapa bisa dihargai 75 ribu hingga 150 ribu. Jangan dilihat dari itunya, namun hingga dikala ini kebutuhan ikan kakap untuk memenuhi undangan pasar masih sangat kurang. Anda bisa berkonsultasi dengan hotel atau restoran terdekat untuk memasarakan jenis bisnis ini.

23. Ternak Burung Puyuh dan Di Ambil Telurnya

Untuk mebudidayakan burung puyuh sebaiknya dilakukan didaerah yang jauh dari pemukiman, lantaran polusi yang dihasilkan dari binatang ternak ini sangat menyengat. Selain menjual telur burung puyuh, anda juga bisa membudidayakan burung puyuh untuk dijual. Karena undangan bibit burung puyuh hingga dikala ini masih cukup banyak.

24. Ternak Ulat Sutra

Umumnya jenis ternak ini dibudidayakan di daerah yang mempunyai suhu udara yang dingin. Harga jual dari sutra yang dihasilkan cukup mahal. Pasar dari hasil budidaya ulat sutra sangat luas sekali hingga menjangkau pasar seluruh dunia.

25. Ternak Belatung

Belatung dikala ini menjadi salah satu obat mujarab untuk penyandang penyakit diabetes. Biasanya dikombinasikan menjadi sebuah pil oleh para pakar obat. Selain itu, belatung juga bisa menjadi pakan burung dan ikan yang permintaanya masih sangat banyak di negara Indonesia.

26. Ternak Lebah Madu

Lebahnya harganya mahal, madunya juga mahal, untung 2x lipat. Ternak lebah madu harus memperhatikan suhu dilingkungan sekitar. Karena suhu lingkungan sangat mempengarui madu yang dihasilkan oleh lebah. Coba cari tahu gosip lengkapnya di google.

27. Ternak Lintah

Lintah masih menjadi ternak yang menjanjikan. Sampai selesai hayat tim medis masih terus memerlukan air liur lintah untuk cairan obat suntik. Jika beternak lintah anda harus mempunyai modal yang cukup banyak untuk menyiapkan kuliner lintahnya. Pasar dari perjuangan ini ialah menembus hingga dunia.

28. Ternak Burung Walet

Paling simpel ternak burung walet, tinggal siapkan gedung dan perlengkapan yang dibutuhkan mirip son khusus untuk memanggil burung walet. Setelah itu tinggal menunggu samapi air liur burung walet siap dipanen. Modal dari bisnis ternak walet sangat besar. Tantangan memulai perjuangan ini tidak hanya pada modal uang namun juga terhadap lengkungan warga sekitar. Perlu dilakukan perjanjian perjanjian tertentu biar bisnis ini bisa berjalan.

Itulah beberapa jenis binatang ternak yang menguntungkan. Untuk sanggup menghasilkan keuntungan yang maksimal pastinya perlu kerja keras dan kerja cerdas. Jalankan bisnis diatas dengan fokus dan cari mentor perjuangan biar bisnis yang akan anda mulai cepat berkembang sesuai dengan keinginan. Pemerintah sangat mengarapkan para pengusaha mau bergabung bersama untuk membangun perekonomian negara ini. Jika perjuangan anda sudah berjalan jangan lupa untuk konsultasikan kebutuhan pemerintah terhadap produk yang anda hasilkan.Efeknya bisnis yang anda kelola akan lebih cepat maju apabila maju bersama pemerintah.

Tips Cara Memulai Bisnis Hewan

  1. Fokus .
    Jika anda ingin membudidayakan hewan. Fokus ke satu jenis binatang ialah kuncinya. Lain lagi jikalau anda ialah toko binatang peliharaan, mempunyai banyak binatang ialah hal yang bagus.
  2. Cari Guru Cari Teman
    Belajar sendiri memang asyik. Namun sangat asyik kalau kita punya mitra atau guru. Kita bisa tanya suatu dilema kemudian mendapat tanggapan secara pribadi dan mendetail dari yang berpengalaman.
  3. Manfaatkan Internet dan Buku
    Belajarlah dari aneka macam sumber di dunia ini. Anda sanggup mengaksesnya memakai internet atau toko buku. Berbagai pengalaman dan penelitian akan menambah wawasan anda mengenai bisnis hewan. Lakukan hal ini jikalau bisnis anda sudah berjalan. Istilah kerennya learn and act. Belajar dan bertindak.
  4. Mulailah dari yang kecil, Mulailah dari sekarang
    Pemenang selalu mencari solusi. Pemenang selalu melakukannya sekarang. Pecundang selalu menunda dan kebanyakan alasan. Termasuk manakah anda?
Selamat mencoba untuk anda yang memulai perjuangan hewan. Semoga referensi ini bisa menawarkan pilihan dan menjadi pertimbangan untuk sanggup lebih sempurna dalam memulai perjuangan yang akan menciptakan anda berjasa di masanya. Semoga berhasil.

10 Hewan Peliharaan yang Unik

Apakah Anda melihat memelihara binatang biasa itu membosankan? Atau mungkin Anda membutuhkan binatang peliharaan unik untuk melambangkan kepribadian Anda yang unik juga? Berikut 10 binatang peliharaan unik yang mungkin sanggup menjadi masukan bagi Anda dalam menentukan binatang peliharaan yang tidak biasa.

Sebelum Anda mencoba untuk memelihara hewan-hewan berikut ini, Anda harus mungkin harus melaksanakan riset terlebih dahulu mengenai bagaimana pemeliharaan binatang tersebut atau mendapat izin untuk pemeliharaannya.

1. Marmut (Guinea Pigs)

Jika Anda mempunyai anak yang masih kecil, maka memelihara marmut ialah pilihan yang tepat. Marmut tidaklah selemah dan sekecil hamster, tetapi mereka tetap berbulu, lucu dan menyenangkan. Walaupun begitu, Anda tetap harus berhati-hati jikalau anak Anda terlalu kecil mirip balita atau Taman Kanak-kanak untuk memastikan mereka tidak melukai marmut peliharaan ini.

2. Tupai Terbang (Sugar Glider)

binatang berkantung berukuran saku atau kantong ini sangatlah lucu, sangat ramah, tetapi mungkin sulit untuk dilatih biar buang air pada tempatnya, mungkin lantaran ini Anda harus menempatkannya di sangkar yang cukup leluasa. Mereka ialah binatang nokturnal, jadi waktu yang sempurna untuk mengeluarkan mereka dari sangkar ialah pada malam hari.

Beberapa pemilik yang memelihara bajing terbang akan mengebiri binatang ini lantaran mereka berkembang biak mirip kelinci. Anda juga harus sanggup menghadapi kekacauan atau kotoran mereka lantaran pada dikala mereka makan, bajing terbang akan hanya mengambil nutrisinya dan memuntahkan lagi kuliner itu.

3. Burung Kutilang (Finches)

Jika Anda suka dengan burung tetapi tidak menyukai burung yang berisik mirip burung nuri atau beo, pilihlah burung kecil yang pendiam mirip Burung Kutilang. Walaupun mereka terkadang sanggup berisik, burung ini jauh lebih pendiam daripada burung parkit, nuri atau burung peliharaan lainnya. Dalam membeli peliharaan ini, pastikan Anda membeli sepasang (dua) lantaran mereka membutuhkan teman.

4. Chinchillas

Chinchillas ialah binatang yang ibarat bajing tanah tetapi lebih berpengaruh dan besar serta bertelinga besar dan aslinya berasal dari Amerika Selatan. Jika Anda tinggal di daerah dengan iklim yang masbodoh maka binatang ini sanggup menjadi pertimbangan Anda sebagai peliharaan. Hewan nokturnal ini mempunyai bulu yang lembut dan mirip semak.

Mereka tidak sanggup hidup di daerah dengan yang cukup panas, jadi Anda harus memastikan binatang peliharaan ini tetap dingin. Mereka juga membutuhkan sangkar yang cukup luas dan leluasa untuk sanggup bergerak dengan bebas.

5. Umang-Umang (Hermit Crab)

Hermit Crab atau di Indonesia dikenal juga dengan nama umang-umang. Cocok untuk orang yang tinggal di apartemen dan mencari binatang peliharaan yang pemeliharaannya simpel serta murah. Anda hanya membutuhkan tangki ikan atau aquarium tua, kerikil-kerikil, cangkang atau tempurung dengan aneka macam ukuran lantaran mereka berganti cangkang seiring pertumbuhan mereka, kuliner dan air.
Walaupun pada awalnya ada kemungkinan Anda dicapit oleh mereka, semakin sering Anda bermain dengan binatang peliharaan ini, maka kemungkinan Anda dicapit juga akan berkurang.

6. Landak (Hedgehog)

Landak sangatlah lucu sebagai peliharaan, tetapi selain faktor 'lucu' tersebut, ada banyak alasan lain kenapa Anda sanggup mempertimbangkan landak sebagai peliharaan Anda. Hewan peliharaan ini tidak mempunyai alergi, pendiam dan kecil jadi tidak memakan ruang. Tetapi pastikan Anda telah mengecek perizinan pemeliharaan dalam negara Anda sebelum memelihara landak lantaran di beberapa negara hal ini tidak diperbolehkan.

7. Sigung (Skunk)

Walaupun bau, sigung sangatlah lucu, jadi tidaklah membingungkan jikalau beberapa orang memelihara sebagai binatang peliharaan. Yang tidak kita ketahui ialah sigung yang menjadi binatang peliharaan biasanya kantung untuk mengeluarkan anyir mereka telah dibuang jadi tidaklah perlu takut mereka bau. Mereka ialah binatang dengan penglihatan yang buruk, jadi membutuhkan tempat yang agak tertutup.

Pastikan Anda telah mengecek izin pemeliharaan sigung di negara Anda sebelum memelihara sigung lantaran hanya belasan negara yang di-izinkan memelihara binatang ini.

8. Fennec Fox

Fennec Fox ialah rubah nokturnal yang berasal dari Afrika Utara dan mereka lucu serta cantik. Perilaku mereka ibarat anjing tetapi Anda harus berhati-hati binatang ini kabur lantaran mereka sangatlah cepat. Anda juga harus memastikan izin dari pemeliharaan binatang ini.
Hewan ini sangat aktif, cepat, nokturnal, higienis dan lincah serta bersuara tinggi, tetapi mereka sangatlah simpel untuk dilatih mirip anjing. Mereka bahkan sanggup dilatih biar pada dikala dipanggil mereka datang.

9. Pot-bellied Pigs

Pot Bellied Pig ialah babi domestik dari Vietnam. Jika Anda mempunyai ruang yang cukup luas, pertimbangkan binatang ini sebagai binatang peliharaan. Walaupun ketertarikan untuk memelihara binatang ini sudah berkurang, tetapi mereka tetap merupakan binatang peliharaan keluarga yang sangat ramah.

Hewan ini memang bersih, tetapi tempat makan dan kandangnya akan cukup kotor dan berantakan. Kaprikornus jikalau Anda tidak siap atas hal ini, mungkin Anda sanggup mencari binatang peliharaan lain. Jika Anda keberatan atas besarnya binatang ini, maka coba Anda cari teacup pig sebagai miniatur dari binatang ini.

10. Semut (Ant Farm)

Jika Anda atau anak Anda tertarik dengan pengetahuan dan tidak ingin menghabiskan ruang atau waktu untuk sebuah peliharaan, pertimbangkan untuk memelihara semut. Memelihara semut sangatlah simpel sesudah Anda mengatur tempat atau lahannya pertama kali, Anda tidak perlu membersihkan atau selalu menawarkan makan setiap hari. Tahukah Anda kalau semut mempunyai tempat penguburan spesiesnya sendiri? Ya, mereka mempunyai tempat penguburan yang disebut Ant Bed.

Hanya pastikan Anda tidak membiarkan lahan atau tempat Anda memelihara semut  terbuka, atau Anda akan mempunyai semut di seluruh rumah Anda.

10 Hewan Peliharaan Unik yang Anti-Mainstream

Memelihara binatang peliharaan ialah suatu kenikmatan tersendiri. Pada umumnya orang mempunyai binatang peliharaan yang biasa-biasa saja mirip anjing, kucing, kelinci, dan kuda. Dengan alasan hewan-hewan tersebut mempunyai bentuk yang lucu, tingkahnya yang menciptakan pemiliknya gemas, bahkan mungkin binatang jinak dan pintar.

Tapi tidak semua jenis yang di peliharaan itu imut, lucu dan menggemaskan, lantaran tiap orang tidak sama. Masing-masing mempunyai hobi dan minat yang berbeda. Banyak sekali komunitas-komunitas hobi pemelihara hewan-hewan reptil dan binatang ekstrim lainya.

Orang-orang para pecinta binatang ekstrim banyak yang memelihara di pekarangan rumahnya, mirip memelihara reptil, serangga, dan binatang peliharaan ekstrim lainnya. Jika kau bosan dengan binatang peliharaan yang itu-itu aja, cobalah memelihara binatang peliharaan ekstrim dan mainstream di bawah ini :

1. Tarantula

Tarantula merupakan jenis laba-laba raksasa yang bentuknya lebih besar dan berbulu tersebut termasuk dalam kelompok Theraphosidae. Bangsa Theraphosidae kurang lebih mempunyai 900 macam spesies tarantula. Laba-laba berkaki besar serta tubuhnya yang berbulu biasanya orang-orang menyebut sebagai Tarantula Amerika. Banyak sekali para peternak yang membudidayakan Tarantula Amerika, karenak harganya sangat tinggi dan paling banyak dicari di pasar binatang peliharaan jenis reptil.

Tarantula mempunyai bisa melalaui gigitanya yang bisa menyebabkan tarantism yang berujung pada kematian. Namun tidak semua kadar bisa yang dimiliki tarantula sama, tergantung pada jenisnya masing-masing. Misalkan bisa pada Tarantula Amerika sanggup menyebabkan tarantism, namun tidak hingga menyebabkan selesai hayat jikalau satu gigitan saja. Beda lagi dengan tarantula wolf spider atau lycosa tarantula bisanya sanggup menyebabkan selesai hayat cukup dengan sekali gigitan saja.

Namun jikalau kau tidak mempermasalahkan dengan ukuran tubuhnya yang menyeramkan, maka dari itu memelihara tarantula bahwasanya aman-aman saja, dan kau memang betul-betul tahu jenis tarantula mana yang kondusif untuk dipelihara. Maka dari itu kau harus benar-benar tahu jenis tarantula mana yang akan dipelihara.

2. Landak Mini

Landak mini merupakan mamalia yang berasal dari keluarga Erinaceinae. Landak mini dalam 5 genus mempunyai 16 spesies yang sanggup ditemukan di Selandia Baru, Asia, Afrika dan Eropa. Landak mini ini mempunyai duri dibadannya yang sangat simpel untuk dikenali, yang mana duri tersebut ialah rambut berongga yang keras.

Duri landak mini sangatlah kondusif tidak mirip duri landak hutan, lantaran duri landak mini tidak mengandung racun dan berkait. Jika kita sudah terbiasa memegangnya, lama kelamaan duri tersebut tidak terasa sakit, namun hanya terasa mirip memegang sikat rambut.

Sifatnya yang nocturnal, landak mini akan aktif pada malam hari saja, sedangkan siang hari mereka lebih suka menyembunyikan dirinya mencari tempat-tempat gelap. Dengansifatnya yang suka bersembunyi disiang hari, kau bisa menciptakan tempat pemeliharaanya dengan memakai pipa paralon berukuran 4 inci atau dengan memakai talang air yang di potong hingga 20 cm, kemudian taruhlah kotak sepatu atau strofoam yang berfungsi untuk tempat bersembunyi.

Meskipun landak mini pemakan serangga (insectivora) tapi landak juga sanggup diberi makan dengan pakan buatan mirip pakan kering kucing dan anjing. Tidak cukup dengan kuliner kering saja tapi perlu dengan kombinasi pakan ulat, hongkong dan jerman, serta jenis serangga kecil lainnya. Sebagai catatan penting, jangan pernah menawarkan susu kepada landak mini ini, lantaran ususnya yang sangat sensitif terhadap susu.

3. Kecoa Madagaskar

Kecoa Madagaskar atau pemilik nama latin dari Gromphadorhina portentosa merupakan serangga yang berasal dari amerika serikat. Kecoa madagaskar cenderung mempunyai gerakan yang lebih lambat dengan kecoa yang ada di indonesia, sehingga simpel untuk di pelihara.

Kebanyakan orang niscaya akan merasa jijik dan geli, atau bahkan malah merasa padahal kecoa madagaskar tidak sama sekali mengandung racun. Namun binatang ini sudah mulai banyak peminatnya yang memelihara sebagai binatang peliharaan.

Kecoak madagaskar tidak mempunyai anyir mirip kecoa yang ada di rumah-rumah, oleh lantaran itu sangat simpel untuk untuk dipelihara. Cukup diberikan makan sayuran dan buah-buahan. Bahkan juga kecoak madagaskar malah dijadikan pakan untuk reptil lainya, mirip tarantula dan kalajengking beserta jenis binatang pemangsanya.

Cara pengembangbiakanya sangat mudah, hanya dengan menciptakan sangkar dari terrarium atau akuarium khusus reptil. Bahkan bisa juga memakai kontainer plastik yang dipakai untuk 2 ekor jantan dan 8 ekor betinah, cukup berukuran 45 cm.

4. Burung Macaw

pixabay.com
Burung macaw ialah binatang sosial yang hidup berkumpul dalam kelompok koloninya berjumlah 10 hingga 30 ekor. Burung yang mempunyai habitat orisinil di Amerika Selatan ini ialah tipe binatang setia terhadap pasangannya, burung macaw akan sehidup semati dengan pasanganya hingga umur 60 tahun.
Karena burung macaw habitat aslinya hidup berkelompok atau berkoloni dan sosialnya yang tinggi, alangkah baiknya jikalau ingin memelihara paling sedikit dua ekor. Hal tersebut untuk menghindari setres terhadap burung macaw.
Ukuran sangkar burung macaw baiknya berukuran 1,5 m X 2 m. Ukuran tersebut ialah ukuran minimal untuk sangkar burung macaw yang besar. Bahannya bisa terbuat dari kawat halus atau juga besi. Kandang juga perlu diberi aksesoris mirip tangkringan yang terbuat dari kayu yang tidak bergetah.
Makanan burung macaw sangatlah mudah, lantaran kuliner pokoknya cukup dengan buah-buahan dan biji-bijian saja. Namun ada 2 jenis buah yang menjadi larangan untuk di makan, yakni buah alpukat dan coklat, yang mana buah tersebut akan menjadi racun di tubuhnya dan menyebabkan diare.

5. Serangga Batang / Tongkat

antaranews.com
Serangga tongkat mempunyai tubuh mirip ranting yang mana sebagai pertahanan hidupnya untuk berkamuflase bersama ranting disekitarn biar terhindar dari serangan predator pemangsa. Serangga tongkat kurang lebih hanya dua tahun saja. Memiliki panjang tubuh yang bervariasi tergantung dengan spesiesnya, dari 10 cm hingga yang pernah ditemuka dengan panjang 30 cm.
Jika kau tertarik ingin memelihara binatang peliharaan ini, baiknya menyiapkan Faunarium yang tersedia di petshop atau toko hias terdekat. Bahkan untuk berhemat kau bisa gunakan toples plastik yang besar tertutup dengan pinggiran atasnya sudah diberi lubang-lubang kecil sebanyak mungkin.
Tidak perlu menawarkan wadah minum pada kandangnya, serangga batang ini cukup disemprotkan dan bahasi saja daun-daunanya itu sudah lebih dari cukup untuk minumanya. Namun juga untuk tetap menjaga kelembaban sertah kesetabilan suhu sangkar yang tidak terlalu panas atau dingin.

6. Sugar Glider

Karena dengan ukurannya yang kecil, binatang peliharaan ini sangat simpel untuk dibawa kemana-kemana. Kamu bisa menaruhnya di pundak, atau di kantong bajumu.

Sugar Glider yang mempunyai nama latinnya Petaurus breviceps ini merupakan binatang peliharaan kecil yang tergolong arboreal, marsupial, dan omnivora. Sugar Glider berbentuk mirip bajing terbang. Mengapa mempunyai nama sugar glider ? lantaran binatang peliharaan ini menyukai kuliner yang manis-manis mirip Nectar bungan di hutan, serta sanggup melayang dari satu tempat ke tempat lainnya.

Hewan yang mempunyai habitat orisinil Papua dan Australia ini sering ditemui di hutan yang terdapat banyak pohon eucalyptus. Sugar glider juga sama mirip landak mini yang mana sama-sama binatang nocturnal.

Makanan utama sugar glider ialah serangga, binatang kecil dan getah manis yang terdapat padah pohon eucalyptus, acacia, dan gumtress. Jika kau sanggup memeliharanya dengan baik, sugar glider akan sanggup bertahan hidup hingga umur 14 tahun.

7. Kura-Kura Air

Kura-kura air dalam bahasa lain disebut Trrapine Carolina kini telah menjadi binatang pemeliharaan yang sedang terkenal di kalangan remaja para pecinta binatang reptil. Hewan yang bentuknya lucu dan unik ini sebagian besar hampir ada semua perairan di dunia daerah tropis dan subtropis, baik air tawar maupun air laut.

Keunikan binatang peliharaan ini ialah mempunyai proses tidur dalam jangka panjang atau biasa disebut hibernasi. Proses tersebut ialah bentuk pertahanan diri terhadap cuaca ekstrim. Kura-kura air dalam proses hibernasinya ialah dengan merendamkan diri di dalam lumpur sepanjang cuaca ekstrim tersebut berjalan.

Beda halnya dengan kura-kura air binatang peliharaan yang hidup di dalam kandang, mereka tidak melaksanakan proses hibernasi, lantaran semua kebutuhan kuliner serta keamananya terjaga, lagipula di dalam sangkar tidak tempat untuk berhibernasi.

Hewan bercangkang indah dan keras ini sanggup hidup di dua alam, yakni air dan darat. Kura-kura air mempunyai banyak sekali jenis, namun yang kini menjadi terkenal untuk dijadikan binatang peliharaan ialah kura-kura berjenis galapagos, kotak-kotak, alligator, dan kepala babi.

Jika kau berminat ingin memelihara binatang ini, kau harus memliki bak biar menyesuaikan dengan habitat aslinya. Karena binatang ini hidup di air, maka dari itu kuliner utamanya ialah hampir semua binatang yang hidup di air, mirip ikan, cacing, serta daging-dagingan

8. Leopard Gecko

Leopard gecko ialah binatang berjenis tokek ini di negara asalnya, yakni Pakistan, Iran, dan India biasa disebut dengan tokek macan tutul. Kenapa disebut tokek macan tutul? Karena bentuk mempunyai corak tubuh yang menyerepai macan tutul.

Hewan nocturnal (hidup di malam hari) ini telah menjadi binatang peliharaan terkenal bagi para pecinta pemelihara binatang reptil. Apa sebabnya bisa menjadi populer? Karena cara memeliharanya yang sangat mudah. Salah satu misalnya ialah, cara menciptakan sangkar leopard gecko yang simpel dan tidak ribet, cukup hanya menyediakan vivarium atau kotak sejenis plastik berukuran 90x45x45cm itu sudah cukup.

Sebagai catatan penting, jangan pernah mencampur sesama pejantan dalam satu kandanng, lantaran akan leopard sangat sensitif terhadap dan merasa terganggu maka dari itu lebih simpel cenderung untuk berkelahi. Serta juga hindari untuk mencampur dua jenis kelamin berbeda lantaran si betina akan simpel setres dengan adanya perkawinan dini.

Untuk makananya tokek macan tutul termasuk simpel dan tidak rewel, cukup dengan serangga mirip jangkrik, belalang dan ulat sutra saja.

9. Ular Boa Constrictor

Reptil berjenis ular ini berasal dari hampir semua wilayah amerika potongan selatan. Reptil ini mempunyai ukuran panjang 8 hingga 12 kaki dengan terberat 80 pon. Namun pada jenis betinanya mempunyai ukuran dan berat yang lebih dari pejantan.

Ketika masih kecil reptil ini mempunyai warna yang lebih terang, dibandingkan sesudah remaja dengan warna abu-abu dan berdominan coklat.

Makanan Boa Constrictor ialah mirip ular pada umumnya, ialah hampir semua jenis tikus. Boa Constrictor remaja bisa diberi makan dengan 3 tikus remaja sekaligus bahkan seekor kelinci juga bisa menjadi santapannya dalam 2 hingga 3 ahad sekali.

Namun untuk ukuran yang masih kecil cukup diberi makan tikus saja, jikalau ingin mempercepat pertumbuhannya kau bisa memberi makannya satu tikus untuk setiap pekan. Ular Boa Constrictor tergolong mempunyai umur yang panjang, yakni bisa mencapai hingga 30 tahun.

10. Bearded Dragon

Reptil yang berasal dari Australia ini mempunyai kemiripan dengan iguana. Mengapa mempunyai nama Bearded Dragon? Karena mempunyai bentuk mirip naga yang berjenggot. Hewan peliharaan ini hanya sanggup bertahan hidup hingga 8 tahun saja.

Bearded Dragon yang berasal dari Australia tersebut, sudah dipastikan hidup di daerah kering dan berbatu mirip daerah hutan terbuka yang semi gurun. Dengan habitat daerah tersebut binatang ini menyukai sekali memanjat hinggap di ranting dan semak-semak.

Tidak hanya disemak-semak Bearded Dragon juga memilik kebiasan berjemur diatas watu besar maupun kecil ketika pagi dan sore hari. Jenis kuliner pokok reptil ini ialah buah, bunga, sayuran dan serangga seperti, belalang dan jangkrik.

Demikianlah 10 binatang ternak yang unik dan anti-mainstream yang bisa kau jadikan referensi lain jikalau ingin mempunyai binatang peliharaan yang gak itu-itu aja. Semoga goresan pena ini bermanfaat dan bisa menginspirasi.

Ide memulai bisnis binatang peliharaan

Apakah Anda mempunyai binatang peliharaan? Mungkin sebagian orang mempunyai binatang peliharaan ialah suatu hal yang menyenagkan, selain sebagai sahabat bermain binatang peliharaan juga kerap menjadi penghibur di waktu kekosaongan. Saat ini binatang peliharaan tidak hanya sebatas sahabat bermain saja, namun sudah merambat ke dunia Bisnis. Di Indonesia sendiri penggemar binatang peliharaan (Pets Lovers) sangat banyak, terutama di kota-kota besar. Melihat pertumbuhan dan peluang tersebut saya sangat tertari untuk menyebarkan ide dan Informasi wacana bisnis binatang peliharaan dan apa saja yang bagus menjadi alternatif bisnis binatang peliharaan.

Jual beli binatang peliharaan dikala ini menjadi sorotan para publik, pasalnya mereka yang mempunyai binatang peliharaan rela mengeluarkan kantong lebih demi merawat atau menjaga kesehatan dan penampilan binatang peliharaan mereka. Di sisi lain nilai jual beli binatang peliharaan dikala ini sangat mahal sebagi conoth : Kucing Anggora nilai jualnya hingga mencapai puluhan juta rupiah tergantung perawatan dan umur nya, wow sangat keren bukan?


Beberapa Ide bisnis atau peluang perjuangan yang mungkin bisa Anda coba untuk Hewan peliharaan


1. Pet Toys

Pet Toys atau dalam bahasa Indonesianya mainan binatang peliharaan. Mungkin Anda bisa mencoba untuk menjual mainan binatang peliharaan dan mempromosikanya melalui offline dan online. Karena binatang juga butuh mainan loh, mirip hamster. Hamster juga membutuhkan mainan dan aksesoris.


2. Pelatihan Anjing

Nah, yang satu ini mungkin sudah umum dan banyak diketahui, yaitu training anjing. Bagi Anda yang mempunyai pengalaman di dunia binatang khusunya Anjing, mungkin Anda bisa mencoba untuk membuka kursus training Anjing. Kursus training Anjing di sini menuntut kita bagaimana biar si Anjing tersebut jinak, menurut, lincah, dll. 

3. Photography Hewan Peliharaan

Di masa digital ini marak kita temui atau kita lihat Photo-photo lucu dan imut binatang peliharaan di sosial media. Mereka yang mempunyai binatang peliharaan sengaja menguplaod photo binatang peliharaanya ke sosial media, bahkan ada juga loh yang sengaja mendandaniny. Kecendrungan tersebut mungkin bisa Anda coba dengan membuka studio Photography untuk Hewan Peliharaa.

4 Pakaian dan aksesoris Hewan

Mungkin terdengar aneh, namuan di beberapa negara besar mirip Amerika, Inggris dan Canada mereka sengaja mendandani binatang peliharaan mereka dengan aksesoris atau pakaian. di Indonesia sendiri kita lebih melihat kecendrungan saja, apakah ada yang mendandani atau tidak? Sejauh yang saya ketahui, biasanya ada saja mereka yang mendandani binatang peliharaan mereka terutama Anjing.
jikalau mereka keluar biasanya anjing di pakaikan rompi dan pita cantik.

5. Menjual Makanan dan suplemnt Hewan

Makanan dan Suplement sangat penting untuk kesehtan hewan, oleh lantaran itu kini ini mulai menjamur para penjual kuliner dan suplemnt hewan. di Indonesia sendiri peluang bisnis menjual kuliner atau suplemnt binatang masih mempunyai peluang yang sangat bagus, yaitu melihat pertumbuhan para pencinta binatang peliharaan sekarnag ini semakin banyak.

6. Penitipan Hewan

Salah satu bisnis yang cukup bagus dan menjanjikan ialah membuka jasa penitipan hewan. Bagi mereka yang sering pergi keluar kota dan di rumah tidak ada siapa-siapa, maka mereka lebih menentukan untuk menitipkan binatang peliharaan mereka, lantaran selain Aman binatang juga terawat. Jika Anda berminat penitipan binatang ini sangat bagus, terutama bagi anda yang tinggal di tempat yang mayoritas orang nya sibuk.

0 Response to "Peluang Bisnis Binatang Peliharaan Yang Menguntungkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel