-->

10 Cara Budidaya Pepaya California Agar Lebat

Analisa dan tata cara budidaya pepaya california di lahan perkebunan 10 Cara Budidaya Pepaya California Biar Lebat
Analisa dan tata cara Budidaya Pepaya California - Meskipun mempunyai sebutan Pepaya California, pepaya jenis ini bukan benar-benar berasal dari Negara California loh! Pepaya California mempunyai nama latin Carica Papaya L, yang berasal dari negara Meksiko Selatan dan Nikaragua. Meski begitu Pepaya California sanggup tumbuh baik di negara kita. Banyak petani yang lebih menentukan melaksanakan menanam Pepaya California ini, sebab besarnya minat di pasaran dan tentu mempunyai laba yang tidak main-main apabila dilakukan dengan serius pula. Sebelum melanjutkan ke pembahasan bagaimana cara budidaya Pepaya California di lahan perkebunan, kenali dulu Yuk, ibarat apa ciri dan manfaatnya.

Mengenal Seputar Pepaya California


Pepaya California merupakan salah satu komoditas untuk kawasan tropis. Termasuk dari kelas monokotyledoneae, family dari Caricaleue, ordo Violales dan genus Carica.

Memiliki ciri buah yang tidak terlalu besar, ukurannya berkisar ± 1,5 kg/buah. Warna kulit buahnya hijau dikala masih mentah, dan kuning oranye dikala sudah masak. Buahnya tebal, mulus dan sedikit lonjong. Rasanya pun sangat manis dikala sudah matang.

Jenis bunga Pepaya California ada dua; tidak sanggup berbuah (kembang paes), dan bunga sanggup berbuah yang merupakan cikal bakal buah pepaya. Bunganya muncul dikala pohon berumur sekitar 3 bulan.

Pohon Pepaya California terbilang lebih pendek daripada jenis pepaya lain. Hanya sekitar 2 meter saja. Dapat dipanen ketika usia pohon mencapai 8-9 bulan. Masa panen yang Anda sanggup biasanya empat kali dalam satu bulan. Terbilang sangat sering bukan?

Buah yang termasuk mempunyai banyak kandungan air ini, juga menyimpan banyak manfaat sebab mengandung lemak, karbohidrat, protein, energi, serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, C, mineral serta masih banyak lagi.

Pepaya sendiri banyak dimanfaatkan sebagai memperlancar buang air besar, sangat baik dikonsumsi penderita maag dan kekurangan darah (kandungan zat besi yang terdapat pada pepaya) hingga dijadikan sebagai materi baku produk kecantikan.

Tata Cara Budidaya Pepaya California

Untuk melaksanakan budidaya pepaya california sanggup Anda lakukan pada lahan terbuka dan pada pot yang mempunyai ukuran besar. Tapi apabila budidaya Pepaya California menjadi salah satu peluang usaha, ada baiknya sebelumnya Anda mempunyai lahan tersendiri.

Misalnya lahan yang Anda miliki yakni seluas 1000 m².

Tanah yang seusai yakni jenis tanah gambut. Selanjutnya Anda tinggal melaksanakan penggemburan atau pembajakan tanah.

Sebelum melaksanakan budidaya Pepaya California di lahan, pertama-tama yakni menggarap tunas pepaya dalam Polybag. Caranya;

Pertama pilihlah bibit yang paling baik, biasanya sanggup didapatkan pada potongan tengah buah pepaya. Siapkan Polybag, tanah, dan pupuk sangkar atau organik.

Isi Polybag dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk sangkar atau pupuk organik. Buat lubang sekitar 2 hingga 3 cm, dan isi dengan beberapa biji pepaya. Simpan di bawah tempat yang mempunyai penyinaran yang cukup. Lakukan penyiraman secara rutin dan tunggu pohon bertunas dengan ketinggian sekitar setengah meter.

Sambil menunggu tunas tumbuh di dalam polybag tadi, lakukan penggarapan pada lahan yang sudah disediakan. Usahakan lahan dalam penyinaran matahari yang baik, dengan ph tanah dibawah 6.

Setalah lahan digemburkan dan dicampur pupuk, diamkan lahan sekitar 2 minggu.

Setelah 2 minggu, kemudian buat lubang dengan jarak masing-masing sekitar 3 meter, dengan diameter lubang 30 cm. Ambil tunas yang sudah di tanam sebelumnya pada polybag tadi, buang hanya potongan plastiknya saja dan tanam pada lahan yang sudah Anda siapkan.

Pemupukan sanggup dilakukan selang 3 bulan sekali, dengan memakai pupuk kandang, organik ataupun kimia jenis NPK. Setiap pohon dengan pupuk sebanyak 15 kg.

Perawatan pohon dilakukan ibarat membersihkan area pohon dari rumput-rumput liar, dan penyiraman rutin di dikala ekspresi dominan kemarau. Penyiraman harus dilakukan dua hari sekali, serta penyiangan setiap 2 ahad sekali.

Lakukan pula perawatan pohon pepaya ibarat tangkai-tangkai yang sudah membusuk atau mengering.

Permasalahan lain dikala budidaya Pepaya California yakni penyerangan hama terhadap pohon. Hama yang sering menjadi musuh pohon pepaya yakni kutu daun, tungau/kutu putih. Cara mengatasinya yakni dengan menyemprotkan cairan insektisida.

Jika lahan Anda contohnya berkisar 1000 m², jarak yang Anda buat yakni 2×2,5 m setiap pohon. Dengan kisaran ± 200 bibit pohon pepaya yang sanggup Anda tanam. Berarti kisaran dalam sekali atau dua kali mencapai 1,5 hingga 2,5 kwintal.

Panen pepaya sendiri sesungguhnya selain faktor kualiatas, juga dipengaruhi cuaca serta serangan hama. Anda harus bakir menganalisa dalam dua hal tersebut.

Analisa budidaya Pepaya California. Bagaimana dengan keuntungan?


Harga jual yang biasa petani patok yakni Rp1.600 hingga Rp2.000 kepada setiap pengepul. Di pasaran sendiri, harga jualnya sanggup mencapai Rp.6500 per buah.

Jika dalam satu ahad Anda sanggup menjual minimal sebanyak 50 buah dengan menjual pribadi di pasaran, misalnya, maka= 50 × 6.500 = 325.000

6.500 × 30 hari (satu bulan) = Rp1.300.000

Dalam satu bulan, itu nilai minimal. Dan kalkulasikan jikalau harga dipatok dengan seling Rp.500 saja, yaitu Rp7.000. × 50 buah sehari = 350.000

7.000 × 30 hari = Rp 2.100.000


Harga tersebut merupakan kalkulasi lingkup kecil saja. Bayangkan jikalau Anda menjadi pemasok ke setiap pengepul, omzet yang Anda sanggup bahkan sanggup mencapai hingga ratusan juta tiap bulannya, wow!


Maka tidak lagi diragukan, budidaya Pepaya California merupakan peluang bisnis yang menguntungkan. Dengan hasil yang memuaskan. Hanya dengan modal yang tidak menguras kantong Anda. Semoga sanggup membantu. Sekian.

0 Response to "10 Cara Budidaya Pepaya California Agar Lebat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel