-->

Peluang Perjuangan Pertanian Modern Yang Menjanjikan




Peluang Usaha Pertanian – Peluang perjuangan akan terus menerus ada di zaman modern ini apa lagi dengan berkembangnya teknologi yang canggih, kita sanggup dengan gampang untuk menemukan wangsit peluang perjuangan yang akan kita kerjakan melalui pemberian mbah google tentunya. Yang akan saya bahas kali ini ialah Peluang perjuangan di bidang pertanian.

Seiring berjalannya waktu dan makin canggihnya teknologi pertanian, adakala membuat kita lalai akan adanya prospek yang luar biasa menganai bisnis pertanian. yang kebanyakan orang pikirkan yaitu hanyalah menggunakan dan menggunakan kemudahan saja, jarang untuk memanfaatkan teknoogi ini sebagai sebuah peluang bisnis pertanian yang sangat luar biasa prospek keuntungannya.




Kita ketahui semua, bahwa dari sekian hasil pertanian ialah kebutuhan primer yang sangat wajib untuk di konsumsi oleh masyarakat. Keadaan ini yang tolong-menolong harus di manfaatkan oleh orang yang bisa dan mau mengelola pertanian secara profesional.

Sebagai negara agraris, potensi bisnis pertanian masih tebuka lebar untuk masyarakat indonesia bagi mereka yang mempunyai ide kreatif.

Memulai sebuah perjuangan pertanian juga banyak pilihan mulai dari yang modal kecil, sedang hingga besar, semua tergantung pada modal anda. 
Yang dulunya kalo mau perjuangan pertanian harus di desa kini pun di kota juga bisa untuk memulai perjuangan pertanian. dengan adanya teknologi semua menjadi mungkin. dan sanggup di lakukan dengan gampang jikalau kita mau menjalani prosesnya.

Sebagian besar masyarakat sudah mengetahui banyak sekali pengusaha pertanian yang bisa sukses dalam menjalani bisnisnya, dan ini ialah peluang perjuangan pertanian yang sanggup anda jalankan juga dengan menggunakan kreatifitas yang anda miliki

Peluang Usaha Pertanian Modern Yang Menjanjikan

  • Menaman sayuran organik

Banyak sekali wacanya mengenai bisnis pertanian yaitu menaman sayuran dan buah secara hidroponik atau yang bisa kita sebut organik. Memang betul, masyarakat yang kini semakin pandai dan modern akan lebih menentukan untuk hidup sehat dengan cara mengkonsumsi sayuran yang sedikit atau bahkan tidak terkandung materi perstisida di dalamnya.

Dengan kata lain menentukan sayuran dan buah buahan yang di tanam secara hidroponik. Dengan kondisi ini kita sebagai pelaku bisnis seharusnya bisa melihat pasar yang sangat jelas. Untuk pemasaran jenis perjuangan ini bisa aneka macam macam, mulai dari kalangan bawah, menengah hingga yang tertinggi.


Kita mau mendapat untung yang bagaimana itu ialah pilihan. Karena perjuangan sayuran dan buah organik sangat di butuhkan dari mulai yang ingin hidup sehat hingga perusahaan pangan menyerupai careffore, hipermart, dan sebagainya.

Kelamahan dari perjuangan ini adalah, Anda harus terlatih dalam mengelolanya. dan biaya yang di butuhkan di awal akan lebih tinggi. tetapi ya itu tadi, pasar anda luas, jadi anda bebas menentukan keuntungan yang menyerupai apa.
  • Menjual alat dan mesin pertanian

Usaha ini niscaya memerlukan modal yang sangat besar ? salah !
Anda bisa menjalankan perjuangan ini dengan bermodalkan sebuah alat komunikasi dan alat pembayaran, biasanya visa.
Di indonesia tolong-menolong ialah prospek yang sangat luar biasa untuk menjual alat pertanian, lantaran kebutuhan materi pokok yang kian meningkat, tapi malah banyak petani yang pindah profesi menjadi pegawai atau mencari perjuangan lain.

Opini saya, mungkin lantaran mereka belum tau prospek apa yang akan mereka dapatkan ketika fokus dan mau mengusahakan bisnis pertanian. Kondisi ini yang akan menjadi peluang untuk anda jikalau ingin berbisnis alat pertanian.

lalu caranya gimana kalo mau bisnis alat pertanian tapi tidak ada modal ?
Jadilah reseller produk pertanian. Kaprikornus gini, buatlah data terlebih dahulu mengnai alat pertanian yang ingin anda jual, kemudian carilah toko offline maupun online yang menjual alat pertanian. Ajak mereka bekerja sama, bahasa kerennya anda memperlihatkan diri sebagai marketing lepas. Setelah menemukan toko yang menyediakan alat pertanian yang anda inginkan, buatlah gambar, atau foto yang sekiranya sama dengan produk yang anda jual.

Kalau anda mau cepat mendapat pembeli, anda harus mau jual secara offline dengan metode metode kreatif anda. pola toko online yang lengkap dan bisa di percaya ialah alibaba.com cari produk nya di situ, dan jual.

Masalahnya kan banyak petani indonesia yang belum bisa membeli alat semahal itu
Mungkin kini iya, tapi di masa yang akan datang, petani maupun pemerintah Indonesia memerlukan alat pertanian yang canggih untuk bisa memenuhi kebutuhan materi pangan yang sangat banyak.
  • Menjual bibit

Bisnis ini tampaknya sudah sangat sulit di jalankan untuk pemula, tapi anda tidak perjuangan kwawatir, dengan anda menjadi jago dalam metode pembibitan anda akan bisa bersaing di perusahaan-perusahaan besar lainnya, dengan cara, tetap tekun dan fokus serta perjuangan yang keras dalam menjalani uasaha ini. entah itu petani kecil, sedang dan perusahaan pertanian pun memerlukan bibit untuk lahan pertanian mereka. Prospek anda sangat luas.

Buatlah bibit yang berkualitas baik dan gunakan cara pemasaran yang ekstrim semoga produk anda sanggup dengan cepat terkenal di pasaran.
  • Menjual pupuk

Jenis perjuangan ini akan laris keras jikalau di daerah anda atau pasar anda ialah perkebunan. Yang namanya perkebunan, mustahil kalo hanya membeli pupuk 1kg saja, mungin bisa jadi 1 ton itu paling sedikit.
Tapi jikalau anda berada di pemukiman perkotaan tidak ada salahnya juga menjual pupuk tumbuhan hias, dan jangan salah, walaupun yang mebeli hanya 1,2,3,4,5 kg saja tapi harganya mahal. Selain menjual pupuk, anda juga bisa menyisipkan pelengkapan pertanian menyerupai alat semprotnya, alat penyiram dan sebagainya. Baca juga bisnis ternak kambing.

Bisnis pupuk ialah bisnis yang menguntungkan, apalagi jikalau anda bisa membuat produknya sendiri, bisa di katakan perusahaan pupuk. Selain membuka lapangan pekerja buat orang lain, saya yakin bisnis ini akan bertahan usang jikalau anda kreatif dan bisa membaca peluang pasar yang tertarget. Karena para petani indonesia akan terus menggunakan pupuk sebagai vitamin tumbuhan mereka.
  • Budidaya tumbuhan hias

Beberapa tahun terakhir ini, tumbuhan hias mengalami penurunan harga jual. Lalu kenapa saya memasukkan bisnis ini kedalam peluang perjuangan yang menjanjikan ? alasannya simple. Opini saya, di masa yang akan tiba orang orang pandai akan membutuhkan tumbuhan hias sebagai perhiasan hunian mereka, dan proses membuat tumbuhan hias bisa di sambi dengan kerjaan lain. Jika anda hanya membuat tumbuhan hias 10 – 20 mungkin gak terasa hasilnya, tapi jikalau anda bisa membut 1000 lebih tumbuhan hias maka akan terasa balasannya di masa yang akan datang.

Memang susah proses pembuatannya, tetapi dalam menggarap tumbuhan hias tidak memerlukan banyak waktu, walupun membutuhkan waktu yang sangat panjang, mudeng maksudnya kan
Jadi gini dalam 1 hari kita tidak full time akan menggarap tumbuhan hias itu, dan di waktu luang kita bisa melaksanakan bisnis lain tanpa mengganggu proses pertumbuhan tumbuhan hias. Karena membuat tumbuhan hias membutuhkan waktu yang sangat lama, semoga tidak boring, jadi slow aja dalam mengurusnya, tapi tetap harus teliti, semoga hasil tumbuhan hias berkualitas.
  • Mengelola 1 produk pangan

Disni saya menyarankan anda, bagi yang gres mau memulai perjuangan pertanian mengenai bisnis perihal pangan, entah itu sayuran, rempah rempah, kuliner pokok dan lain lain, usahakan untuk fokus 1 produk dulu saja. misal yang di butukan di Indonesia ialah kedelai, Kerjakan bisnis itu dengan fokus hingga anda mempunyai brand, sehingga lambat laun anda tidak perlu mencari pasar lagi, tetapi pasar yang akan mencari anda. Bisnis ini memang membutuhkan waktu yang tidak mengecewakan panjang lantaran membangun sebuah nama tidak semudah mebalikkan telapak tangan. Baca juga perjuangan modal kecil
  • Penanaman rempah rempah

Rempah rempah masih menjadi peluang perjuangan yang sangat cantik untuk kalian. Karena rempah rempah dari inidonesia sangat banyak di minati oleh negara lain. Kaprikornus peluang untuk mendapat pembeli sangat besar.

Banyak sekali jenis rempah rempah yang sanggup anda jadikan sebagai bisnis, yang sangat tampak ialah bawang merah. Bisnis rempah rempah juga akan dijadikan sebuah perjuangan yang sangat menguntungkan bagi si pengelola bisnis lantaran semua kalangan bisa masuk mulai dari kalangan kecil, menengah hingga kalangan atas menyerupai restaurant mahal.
  • Menyediakan jasa mediator ekspor materi pertanian

Belum banyak orang yang bisa menjadi jasa mediator eksportir materi pertanian. Ini ialah peluang anda untuk memasuki bisnis ini, yang anda butuhkan ialah skil komunikasi dan jiwa pemimpin yang baik. Dalam hal ini anda bisa mulai mencar ilmu mediator ekspor dan impor di importir.org
  • Membuat tim penyuluh untuk para petani

Sepertinya dikala ini masih sedikit dan bahakn belum tampak adanya perusahaan yang berjalan di bidang penyuluhan pertanian, entah itu dari pemerintah maupun masyarakat, mungkin ada tapi tidak jalan. Baca juga peluang perjuangan ternak lele.

Jika anda bisa membuat tim penyuluh pertanian, ini ialah sebuah keuntungan besar bagi anda, pasalnya di negeri tercinta kita Indonesia ini membutuhkan banyak orang yang sanggup memerikan penyuluhan kepada petani kita semoga menghasilkan produk kengan kualitas dan kuantitas yang baik.
Selain anda di bayar sebagi tim penyuluh, anda juga bisa memasukkan barang dagangan anda mulai dari poin nomor 1 hingga nomor 8 di atas. Kaprikornus manfaatnya doble. Untuk para sarjana pertanian, jangan hanya mau bekertja di departemen atau perusahaan sahaja, seharusnya ilmu yang di dapatkan bisa di jadikan ide peluang perjuangan sebagai tim penyuluh yang profesional.

Dan untuk yang tidak sekolah dan ingin menggeluti bisnis ini, anda hanya perlu pengalaman dan komunikasi yang lancar.
Itu saja wacana mengenai peluang perjuangan pertanian modern yang menjanjikan. Semog bermafaat. Salam sukses pertanian Indonesia
Baca Juga Artikel Ini:
  • 2 Usaha Di Pinggir Jalan Yang terbukti Menghasilkan Omset Jutaan
  • 4 Peluang Bisnis Online Fleksibel Yang Bisa Anda Kerjakan Di Rumah
  • Laporan Harga Beras Grosir dan Eceran Saat Ini

7 Jenis Usaha Budidaya Tanaman Yang Menguntungkan

Usaha budidaya tumbuhan yang menguntungkan menjadi pilihan para penggiat agribisnis. Tanaman yang paling diminati niscaya akan lebih gampang laris dijual di pasaran. Selain potensi pasar, yang perlu diperhatikan ialah berapa besar modal atau biaya yang dibutuhkan dalam perjuangan budidaya semoga bisa menguntungkan dengan nilai fantastis.

Sukses perjuangan agribisnis tolong-menolong bukan pada wilayah budidaya tumbuhan yang menguntungkan saja. Tetapi, banyak pilihan perjuangan yang bisa dijemput seperti; pengadaan bibit, jasa panen, jasa pengelolaan hasil panen, berdagang hasil panen atau buah buahan, bahkan jual-beli alat dan materi produksi menyerupai pupuk cangkul dan lain lain.

Jika anda ingin mulai, sebaiknya jangan dengarkan hal-hal yang membuat anda mundur. Jangan mundur kawan, dikarenakan telah banyak rujukan yang bisa anda baca sebagai motivasi. Tentunya motivasi dari dongeng sukses dari petani yang menggeluti perjuangan budidaya tumbuhan yang menguntungkan.

Berikut ini ialah beberapa jenis perjuangan budidaya tumbuhan yang menguntungkan.

tanaman herbal dan manfaatnya

1. Budidaya Tanaman Yakon Yang Menguntungkan

Budidaya tumbuhan yakon (Smallanthus sonchifolia). Tanaman yang berasal dari Pegunungan Andes, Peru, Amerika Selatan ini dipercaya sangat berguna mengobati penyakit diabetes. Tanaman Yakon dipakai sebagai obat diabetes dengan memanfaatkan daunnya yang kaya dengan insulin. Kandungan fruktosa yakon terdiri atas 35% fruktosa bebas dan 25% fruktosa terikat. Kandungan fruktosa itu yang mencegah penderita diabetes dari hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi.
Budidaya tumbuhan yakon sangat menjanjikan keuntungan.

2. Budidaya Tanaman Semangka Yang Menguntungkan

Salah satu komoditi yang sedang marak dikembangkan dalam agribisnis ialah semangka. Tanaman buah yang sangat basah ini mempunyai pasar yang sangat luas apalagi dikala animo panas menyerupai dikala ini. Tanaman semangka sangat berguna dalam menyembuhkan rasa panas di tubuh jawaban terpaan suhu udara sekitar kita. Lebih nikmat lagi jikalau disajikan dalam bentuk jus, sangat adem rasanya.
Telah banyak dongeng petani sukses berbisnis buah semangka ini. Kali ini tim redaksi menyajikan hasil penelusuran kami mengenai beberapa petani yang sukses dalam budidaya tumbuhan semangka.

3. Budidaya Tanaman Lada Yang Menguntungkan

Lada merupakan bumbu dapur yang seringkali dipakai di aneka macam kuliner dari kuliner yang sederhana hingga kuliner yang cukup rumit. Tanaman rempah yang satu ini dipakai secara luas oleh banyak orang dan sudah niscaya ada banyak ajakan pasar untuk bumbu dapur yang satu ini. Oleh lantaran itu, budidaya lada menjadi satu hal yang ingin diketahui oleh mereka yang tertarik untuk bisa membudidayakan lada.

4. Budidaya Tanaman Jeruk Nipis Yang Menguntungkan

Memulai Bisnis Jeruk Nipis ialah langkah yang tidak sempurna jikalau anda belum memahami betul bagaimana budidaya tumbuhan jeruk nipis. Jeruk nipis ialah salah satu buah dengan pasar yang sangat luas. Hampir seluruh kuliner berkuah agak kurang lengkap rasanya tanpa air perasan jeruk nipis.

Bisa terbayangkan betapa menguntungkannya jikalau semua warung makan yang teman lalui tadi membeli jeruk nipis di tempat perjuangan anda. Apalagi jikalau anda ialah pemilik kebun jeruk nipis sekaligus penyalur pemasaran jeruk nipis. Keuntungan anda akan berlipat ganda, yah istilah kerennya ialah monopoli rantai pasar. 

5. Budidaya Tanaman Jahe Yang Menguntungkan

Budidaya Tanaman Jahe Dalam Karung (Bag Culture) sanggup diaplikasikan pada aneka macam jenis Jahe, Baik itu jahe merah, jahe emprit ataupun jahe gajah. Tetapi Kali ini kita tidak membahas perihal spesifikasi jahe emprit, jahe gajah atau jahe merah. Lebih pada Teknik Budidaya Jahe dengan menggunakan Karung.

6. Budidaya Tanaman Pisang Yang Menguntungkan

Pisang merupakan salah satu buah yang terkenal di tengah masyarakat kita. Selain gampang ditemukan, buah berbentuk panjang dan bundar ini juga sering disajikan dalam aneka macam bentuk kuliner olahan. Jenis tumbuhan pisang pun sangat beragam, namun kali ini redaksi ingin membahas salah satunya saja yakni Pisang Kepok.  

7. Budidaya Tanaman Hias

Ornamental Plant atau tumbuhan hias merupakan tumbuhan yang sering jumpai di pekarangan rumah dan banyak disukai oleh kaum wanita, lantaran tumbuhan ini mempunyai nilai estetika yang cukup tinggi dan mempunyai nilai lebih dari tumbuhan lainnya. Jenis dan kepopulerannya pun sangat bermacam-macam dan cenderung dinamis.

Meskipun selera pasar tumbuhan hias sangat dinamis, namun ada beberapa jenis tumbuhan yang penggemarnya tidak menurun atau bahkan hilang. Popularitas tumbuhan hias ini menyerupai awet dan tidak lekang oleh waktu. Tanaman hias yang digemari biasanya lantaran bentuk dan warna bunga, bentuk daun, bentuk batang dan akar. Sebaiknya .
Bercocok tanam tidak hanya menghijaukan bumi, namun mempunyai nilai hemat jikalau kita bakir

 

Keuntungan Bisnis Kelapa Sawit yang Harus Anda Tahu

Apakah keuntungan-keuntungan dari bisnis kelapa sawit? Seiring dengan meningkatnya harga komoditas kelapa sawit, daya tarik masyarakat terhadap bisnis tumbuhan ini semakin bertambah besar. Terlebih sektor perekonomian di Indonesia sangat dipengaruhi oleh kegiatan perdagangan minyak kelapa sawit. Bagi pemerintah, banyaknya lahan sawit dibutuhkan sanggup menjaga tingkat kestabilan harga minyak nabati, sumber devisa negara, dan membuat lapangan kerja baru.

Tahukah Anda, sebelum minyak sawit mendominasi pasar, minyak kelapa telah banyak dimanfaatkan sebagai minyak goreng dan industri pangan lainnya. Bahkan pada tahun 1970-an, pengguanaan minyak kelapa tengah berada pada zaman keemasannya. Sayangnya produksi minyak kelapa yang cenderung menurun selama kurun waktu 20 tahun terakhir mendorong diberlakukannya subtitusi dengan minyak sawit yang produktifitasnya relatif selalu naik. Masalah gres muncul ketika peningkatan volume produksi minyak sawit tidak diiringi dengan kenaikan nilainya sebagai jawaban dari fluktuasi harga secara global.

Walaupun begitu, bisnis kelapa sawit selalu memperlihatkan keuntungan yang tidak sedikit. Apa sajakah keuntungan-keuntungan tersebut? 

1. Laba Sampai Tiga Kali Lipat
Sudah menjadi belakang layar umum kalau keuntungan dari bisnis sawit sangatlah besar. Rata-rata biaya produksi kelapa sawit sebesar Rp 500/kg, sedangkan nilai jual TBS (Tandan Buah Segar) sekitar Rp 1597/kg. Kaprikornus nilai keuntungan yang ditawarkan ialah Rp 1500/kg, berlaku kelipatannya. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa keuntungan bisnis ini mencapai tiga kali lipat bahkan lebih jikalau harga TBS mengalami kenaikan. 

2. Modal Investasinya Cepat Balik
Anggaran biaya yang dibutuhkan untuk membuka lahan kelapa sawit kurang lebih sebanyak Rp30 juta/hektar. Biaya tersebut belum termasuk ongkos penanaman dan perawatan pohon sawit. Selama masa tumbuhan belum menghasilkan, para investor memang dituntut untuk menyediakan dana segar yang cukup banyak. Namun semua biaya tersebut mulai akan kembali pada dikala tumbuhan sudah menghasilkan dan bisa dipenen. Pada umumnya, modal investasi akan balik ketika 4 tahun sehabis masa panen yang pertamakali. Kabar baiknya lagi, pohon sawit umunya akan terus menghasilkan TBS hingga 25 tahun mendatang. 

3. Rentang Harganya Besifat Stabil
Apabila kita memperhatikan harga kelapa sawit, trennya cenderung bersifat stabil semenjak tahun 2011. Dimulai dari harga Rp 1300/kg, kemudian Rp 1600/kg, dan kini Rp 1395/kg. Perlu diketahui, minyak sawit bersaing begitu sengit dengan minyak kedelai di pasar global. Tetapi Anda tidak perlu terlalu khawatir lantaran tingkat produktifitas kedelai masih rendah. 

4. Semuanya Dilakukan oleh Pekerja
Sebagai pemilik kebun kelapa sawit, Anda tidak perlu repot-repot mengurus lahan tersebut sendirian. Hal ini dikarenakan keuntungan yang bakal Anda terima dari lahan tersebut akan lebih dari cukup untuk membiayai para pekerja. Kaprikornus bisa dibilang bahwa berbisnis kelapa sawit termasuk passive income, di mana Anda bakal selalu mendapat penghasilan tanpa harus bersusah payah mengelolanya. 

5. Harga Kebun Sawit Selalu Naik
Selain menjual TBS yang diproduksi oleh lahan sawit yang Anda miliki, berbisnis di sektor ini juga bisa dilakukan dengan berjualbeli lahan. Kenyatannya harga lahan kelapa sawit ini selalu mengalami kenaikan drastis di setiap tahunnya. Kalaupun berkurang, tingkat penurunan harga tersebut tidak terlampau signifikan dan jarang sekali terjadi. Harga suatu lahan kelapa sawit umumnya sangat dipengaruhi oleh kualitas tanaman-tanaman sawit yang tumbuh di dalamnya.

Jenis-Jenis Tanaman Perkebunan dan Tanaman Kebun

Jenis tumbuhan perkebunan dan tumbuhan kebun, tampaknya sama saja tetapi mempunyai perbedaan mulai dari jenis tanaman, budidaya, pengelolaan hingga pasca panen
Perkebunan adalah lahan tanah yang dugunakan untuk menanam tumbuhan (industri) yang biasanya hasil pasca panen masih akan diolah lagi di skala industri. Biasanya lahan nya sangat luas mencapai ratusan hingga ribuan herktar di suatu wilayah tertentu
Kebun ialah lahan tanah luas yang dinaman untuk menanam jenis-jenis tumbuhan yang balasannya bisa eksklusif dimanfaatkan atau dijual. Luas lahannya bervarasi mulai dari skala kecil pekarangan hingga besar lahan luas.

Tanaman Perkebunan
Kelapa Sawit
Kelapa sawit (Elaeis) ialah tumbuhan industri penting penghasil minyak masak, minyak industri, maupun materi bakar (biodiesel). Perkebunannya menghasilkan keuntungan besar sehingga banyak hutan dan perkebunan usang dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Indonesia ialah penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia.

Teh
Teh ialah minuman yang dibentuk dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tumbuhan Camellia sinensis dengan air panas. Teh yang berasal dari tumbuhan teh dibagi menjadi 4 kelompok: teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.

Kelapa
Kelapa (Cocos nucifera) ialah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae.

Kelapa ialah jenis tumbuhan perkebunan bisa eksklusif dimanfaatkan buahnya, namun banyak perkebunan besar memanfaatkan Kopra sebagai materi baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya. Cairan buah renta biasanya tidak menjadi materi minuman penyegar dan merupakan limbah industri kopra. Namun, cairan ini sanggup dimanfaatkan lagi untuk dibentuk menjadi materi semacam jelly yang disebut nata de coco

Kakao / Coklat
Kakao (Theobroma cacao L.) itanam di aneka macam daerah tropika. Dari biji tumbuhan ini dihasilkan produk olahan yang dikenal sebagai cokelat.

Biji Kakao ialah materi utama pembuatan abu kakao (coklat), abu kakao ialah materi dalam pembuatan kue, es krim, kuliner ringan, susu, dan lain-lain. Dalam bahasa keseharian masyarakat kita menyebutnya coklat.

Kopi
Kopi merupakan salah satu komiditas perkebunan skala besar di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Indonesia peringkat 3-5 dalam hal produksi kopi dunia. Indonesia sendiri telah bisa memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya.

Karet
Tanaman karet berasal dari bahasa latin yang berjulukan Hevea brasiliensis. Tanaman ini merupakan sumber utama materi tumbuhan karet alam dunia.

Lebih dari setengah karet yang dipakai kini ini ialah sintetik, tetapi beberapa juta ton karet alami masih diproduksi setiap tahun, dan masih merupakan materi penting bagi beberapa industri termasuk otomotif dan militer


Tanaman Kebun
1. segala tumbuhan buah: apel, mangga, jambu, apel. strawberry dll

2. Segala tumbuhan hias / bunga

3. Segala tumbuhan sayur


0 Response to "Peluang Perjuangan Pertanian Modern Yang Menjanjikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel