-->

Usaha Percetakan Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan

8 Peluang Usaha Percetakan yang Makin Laris di 2016

Peluang Usaha Percetakan yang menjanjikan. Butuh modal kecil dan untungnya menjanjikan. Lokasi di mana anda bisa menemukan order untuk bisnis percetakan.




Peluang Usaha Percetakan Digital

Banyak sekali peluang di sekitar kita. Anda tinggal jeli dan mengubahnya menjadi pundi pundi uang. Alat yang anda butuhkan yakni mesin percetakan, jiwa bisnis yang tangguh dan segudang keuletan.
  1. Percetakan undangan ijab kabul atau khitan
Jika modal terbatas, mulailah dari orang sekitar anda. Saudara atau tetangga. Coba dekati mereka dan tawarkan jasa anda. Jangan lupa menawarkan rujukan undangan yang pernah anda buat.
Jika modal anda tidak terbatas, itu sangat keren. Silahkan menciptakan rujukan sebanyak mungkin undangan dan buatlah toko di tempat yang ramai.
  1. Formulir di kantor yang khusus
Contohnya saja, dikala saya masih bekerja di kantor pajak, kantor ini butuh banyak sekali formulir. Untuk mendapatkan harga lebih murah, pihak pengurus memakai jasa percetakan digital.
Anda bisa memakai teknologi percetakan digital dengan teknologi dikala ini untuk mendapatkan harga yang lebih murah daripada fotocopy. Bahkan untuk form yang bertinta biru atau merah sekalipun
  1. Buku ujian masuk perguruan tinggi tinggi.
Waktu masih kuliah dulu saya bersama teman-teman pernah mencetak ribuan buku untuk dijual. Pangsa pasar untuk buku ini sangat bagus. Banyak sekali lulusan Sekolah Menengan Atas yang ingin masuk ke perguruan tinggi tinggi favorit.
Nah cobalah mendekati mahasiswa-mahasiswa perguruan tinggi tinggi favorit yang ingin mencetak buku (biasanya mereka tergabung dalam klub usaha). Kalau anda hitung, satu kampus favorit bisa mencetak lebih dari 100.000 eksemplar buku.
Sekali lagi, untuk mendapatkan harga yang miring, and harus memakai teknik atau teknologi terbaru.
  1. Amplop, Stofmap, dan Kalender Kantor 
Nah ini juga peluang bagus. Semakin anggun suatu kantor, mereka ingin punya map khusus yang bertuliskan nama kantor. Begitu juga dengan amplop yang harus bertuliskan nama dan alamat kantor di serpihan luar.
Setiap tahun pihak kantor juga menciptakan undangan untuk dibagikan kepada kalangan internal (pegawai) dan para stakeholder (pelanggan maupun pihak lain yang membantu kantor tersebut, mirip distributor, penyedia materi baku,  dan investor)
  1. Poster dan brosur kegiatan
Nah di jaman sosial media sekalipun ternyata poster dan brosur masih sangat ramai dibuat. Prospek bisnis yang masih anggun untuk idang ini yakni untuk acara-acara kemhasiswaan, dealer motor, dan event-event lokal.
  1. Sablon
Yup bisnis sablon bukan hanya untuk menciptakan kaos, tapi lebih ke arah menciptakan spanduk dan flyer yang beredar di pinggir jalan.
  1. Percetakan di mug
Anda bisa menciptakan souvenir yang menarik di mug. Caranya dengan mengijinkan pelanggan menaruh foto atau  gambar tertentu di mug yang mereka pesan.
  1. Pemilu dan Pilkada
Pemilu dan pilkada yakni berkah bagi peluang perjuangan percetakan. Orderan kalender naik, poster kian meningkat, dan tentu saja flyer serta spanduk banjir pesanan. Persiapkanlah momen ini dengan baik

Bisnis Percetakan.

Sebelumnya saya sudah menuliskan wacana 10 Tips mendulang uang dari bisnis percetakan. Silahkan anda baca di  10 Cara Usaha Percetakan Menjadi Bisnis Omset Jutaan

Teknik Percetakan
Ada tiga teknik percetakan yang umum di pasaran.
  1. Offset : untuk mencetak kertas (seperti buku, poster, dan brosur) dalam skala besar. Biasanya minimal 250 eksemplar order. Semakin tinggi  order, semakin
  2. Digital Printing: memakai printer biasa. Harga per eksemplar tetap berapapun jumlah yang dicetak. Kalaupun selisih pasti sedikit. Untuk mencetak dalam jumlah sedikit
  3. Sablon: untuk mencetak di kain spanduk dan mug

Mengolah Bisnis Percetakan Untuk Pemula


Pengetahuan dasar yang wajib dimiliki untuk Bisnis Percetakan  yang berhasil yakni pengetahuan di bidang seni grafis, pengetahuan mengenai percetakan serta pengetahuan mengenai pemasaran. Menurut saya pengetahuan ini sudah Anda miliki, dan merupakan modal yang sangat berharga untuk memulai terjun di bisnis percetakan ini.

Beberapa rujukan bisnis di bidang percetakan yang sanggup dikembangkan adalah:
  1. Pembuatan ID Card, member card, kartu pelajar, kartu mahasiswa. Strategi pemasaran yang dilakukan yakni mencermati jadwal tahun anutan baru. Pelajari jadwal seluruh sekolah, forum pendidikan, instansi pemerintah dalam rekruitmen karyawan.
  2. Pembuatan spanduk, sablon, kaos, banner, untuk caleg, serta pemilu. Kartu undangan, amplop, company profile, memo, label, kop surat, buku, dan sebagainya.
Strategi pemasaran bisnis percetakan dimulai dari:
  1. Buat rujukan – rujukan diatas banyak sekali dasar kertas, kain, kaos dan sebagainya untuk alat promosi. Calon pelanggan akan tertarik dengan melihat rujukan – rujukan yang kita berikan dalam menawarkan penawaran.
  2. Buatlah banyak sekali desain dengan banyak sekali ukuran dan warnaSetelah kita mempunyai banyak sekali koleksi rujukan – rujukan dan desain tersebut di atas, mulailah kita tentukan terlebih dahulu sasaran market pengguna jasa kita. Misalnya instansi pemerintah, gedung – gedung pertemuan untuk resepsi pernikahan.
  3. Seandainya kita sudah memperoleh oder, buatlah desain grafis memakai software aktivitas mirip CorelDraw, Free Hand, Adobe Photoshop dan sebagainya. Pelajari cara memakai software ini, dengan mempelajari help sajian atau tutorialnya.
  4. Bagi pemula bisnis percetakan, kita tidak perlu membeli semua peralatan yang dibutuhkan mirip mesin cetak offset, rekam master, setting computer, mesin potong kertas, computer, printer dan sebagainya. Kita sanggup memakai jasa setting, cetak, potong yang sudah ada.

Memulai Bisnis Percetakan sanggup dilakukan dengan modal nol yaitu mulai dari mencari order cetakan di tempat pelanggan yang membutuhkan seperti, sekolah, kantor, gedung pertemuan, partai politik, teman, tetangga, saudara dan sebagainya. Sedikit demi sedikit pendapatan yang diperoleh ditabung untuk investasi. Insya Allah akan menjadi bisnis percetakan yang besar.


Cara Memulai Usaha Digital Printing


Sebelumnya apasih Digital Printing Itu? Memulai perjuangan digital printing, dan bagaimana cara membeli mesin digital printing? , tidak lah serumit yang banyak orang bayangkan. Kebanyakan mereka berpikir bahwa perjuangan ini membutuhkan modal yang sangatlah besar, sebab harga mesin digital printing pun cukup mahal. Namun dalam kenyataannya tidak lah sedikit yang memulai perjuangan tersebut dari modal kecil, sebab bukan hal yang tidak mungkin untuk anda mempunyai mesin digital printing walaupun harga mesin digital printing cukup lumayan, dalam hal ini kami menawarkan kemudahan, ada beberapa proses pembayaran atau pembelian yang kami tidak bahas di sini, silahkan tanyakan kepada kami eksklusif untuk mengetahui harga mesin digital printing serta bagaimana caranya kita sanggup membeli mesin digital printing yang di inginkan. banyak yang memulai perjuangan digital printing dengan modal yang kecil,sambil mendapatkan keutungan yang besar. Yang pada kesannya sanggup menjadi perusahaan yang besar dan mempunyai banyak cabang.

"Industri digital printing bukanlah industri musiman, digital printing merupakan perjuangan yang pada mulanya dalam bidang periklanan. Iklan sangat dibutuhkan baik perusahaan dari skala besar hingga kecil, pemerintahan (contoh: penyuluhan), Pilkada / Pilpress yang lagi booming dikala ini. Usaha ini tidak terkena imbas perekonomian. Walaupun ekonomi lagi lesu, perusaahan malah akan meningkatkan iklannya semoga produknya laku".

Website ini mempunyai banyak artikel yang sanggup membuka wawasan anda dalam perjuangan digital printing atau mengenai harga mesin digital printing, yang sangat bermanfaat bagi anda sebelum memulainya. Jangan buru-buru memutuskan sebelum anda tahu bagaimana mengeloloa perjuangan tersebut, berapa harga mesin digital printing, bagaimana caranya semoga perjuangan kita sanggup balik modal secepatnya, serta sasaran market yang akan anda bidik. Hal tersebut haruslah sesuai dengan produk mesin yang cocok bagi sasaran tersebut. Banyak orang yang salah langkah dalam memutuskan membeli mesin digital printing, yang pada kesannya tidak bisa meraih pasar yang dituju sebab salah pilih.

MENGAPA HARUS MEMILIH USAHA PERCETAKAN?

Adalah kenyataan bahwa setiap hari kita hampir pasti menjumpai hasil cetakan di mana-mana dalam bentuk dan media yang beragam! Kemanapun kita pergi, baik di jalan, di mal, supermarket, Sekolah, di kampus, di pertokoan, di Internet, hingga di tempat ibadah dan lainnya pastinya kita melihat rujukan hasil cetakkan digital printing. Seperti kartu nama, bungkus makanan, spanduk, banner, kartu undangan, papan reklame dan lainnya, apakah anda sudah menyadari peluang yang amat besar ini?
Dan inilah PELUANG USAHA yang sangat MENGUNTUNGKAN!, peluang di dikala terkendala modal yang besar, peluang disaat belum banyak di minati dan di lirik didaerah kau dalam bidang bisnis ini.

Untuk MENJALANKAN perjuangan percetakan ini tidaklah berbeda dengan usaha2 yang lainnya, yang kita perlukan hannyalah :
    1. Kemampuan untuk bisa menciptakan hasil barang cetakkan sesuai dengan usul konsumen.
    2. Kemampuan untuk bisa menjaring pasar untuk mendatangkan order sebanyak-banyaknya.
    3. Kemampuan untuk MENJAGA serta memelihara PASAR (loyalitas pelanggan)
Inilah beberapa alasan kita, mengapa menjalankan bisnis atau perjuangan digital printing :
  1. Perangkat nya gampang di dapat
  2. Bahan baku digital printing pun gampang di dapat, di mana saja sudah banyak yang menjual materialnya.
  3. Usaha ini tidak musiman, atau tidak ada matinya, tidak mirip perjuangan lain, yang berjalan di kondisi dan animo tertentu.
  4. Tidak perlu pendidikan formal khusus, hanya dibutuhkan ketekunan dan pengembangan pandangan gres kreatif saja.
  5. Cukup dengan satu komputer / laptop dengan 1 mesin printing anda sudah bisa MENJALANKAN USAHA DIGITAL PRINTING.
Anda hanya perlu memahami cara mengunakan software Photoshop / CorelDraw saja, yang hari ini tutorialnya banyak sekali bertebaran di internet. dalam waktu sekejap pun anda sudah makhir mengoprasikan software tersebut sebab panduan nya banyak sekali dari internet.

Jangan takut bersaing dengan alasan "sudah banyak yang menjalankan perjuangan ini", perhatikan sifat alami pelanggan, mereka itu tidak menentukan tempat sebab sudah kenal saja, tapi yang mereka cari itu kualitas dan servis yang memuaskan. Tidak menjadi persoalan walaupun ada 5 atau 10 tentangan yang berada di sekitar lokasi anda,  asalakan anda bisa menawarkan kualitas dan servis yang memuaskan. Anda tidak akan kehilangan pelanggan malah besar kemungkinan pelanggan di tempat lain pindah haluan ketempat anda. bukankah ini yang kita inginkan, tentu, tanamkanlah prinsip dalam diri anda terlebih dahulu "Kualitas yang baik dan pelayanan yang baik yakni tujuan kami", jikalau prinsip itu tertanam di diri anda pasti anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.

Pilihlah partner / distributor yang sanggup dipercaya sehingga sanggup menawarkan layanan purna jual yang baik. Karena itu salah satu point pendobrak perjuangan anda, jalankan perjuangan anda dengan niat penuh kebaikan, senyum pelanggan yakni senyum anda, persoalan pelanggan yakni persoalan anda, ketidak puasan pelanggan yakni kekhawatiran anda, ini akan membimbing anda ke jalan menuju keberhasilan yang nyata.

Investasi bisnis digital printing

Apa saja investasi yang di butuh kan dalam perjuangan digital printing? dan bagaimana cara memaksimalkan pembelian hingga penggunaan nya sesudah kita mengetahui harga mesin digital kemudian memilikinya. jangan hingga investasi yang sudah anda keluarkan menjadi tidak bermanfaat sebab cara penggunaan nya kurang tepat, yang tadinya dengan investasi itu kita harapkan sanggup untung lebih, malah jadi rugi yang di dapat. maka dari itu, hal ini sangat di butuhkan perhatian lebih selain mesin digital printing itu sendiri.

Membuka Usaha Percetakan Dengan Modal Kecil Yang Menuntungkan 

Membuka perjuangan percetakan dengan modal kecil - kemarin saya gres saja mengikuti semina wirausaha, dimana isinya mengulas wacana kisah pribadi bagaimana cara sukses menjadi wirausaha. stelah pulang dari seminar tersebut saya sempat terlintas untuk membuka bisnis peercetakan di rumah sendiri. katanya waktu seminar tersebut, yang penting jalan dulu, persoalan modal bisa kita putar ulang laba yang kita sanggup selama proses berjalanya perjuangan percetakan rumahan tersebut.

Sebelumnya modal untuk perjuangan digital printing ini sangat besar sebab membutuhkan mesin untuk mencetak kertas atau printer yang harganya bukan termasuk murah. anda bisa memulai membuka perjuangan kecil kecilan di rumah mirip cetak foto, cetak undangan, cetak kartu nama, cetak stiker,  dan lain lain. Kenapa saya bilang kecil kecilan? sebab pekerjaan tersebut hanya membutuhkan printer saja tidak perlu mesin fotokopy untuk membuka bisnis percetakan kecil kecilan. rata rata untuk memulai perjuangan percetakan memakai printer brand canon dan epson. kalo kami sendiri memakai printer epson L100.

Peluang Bisnis Percetakan Digital Untuk pemula

Kenapa menentukan perjuangan percetakan? ya sebab saya beranggapan sekaran ini masih belum banyak perjuangan usaha mirip percetakan ini, lebih menguntungkan lagi  jika kita membuka perjuangan deat dengan tempat untuk beljar mirip kampus, sekolahan, asrama dll.

Untuk membuka perjuangan percetakan sederhanya anda tidak perlu memikirkan karyawan, sebab perjuangan ini bisa anda jalankan sendiri, jikalau anda ingin membuka cabang percetakan yang kedua, anda gres memikirkan karyawan. Dan untuk modal memulai bisnis cetak undangan atau semacamnya juga tidak perlu pusing untuk difikirkan, sebab anda bisa memulainya dengan modal kecil.

Langkah Awal Memulai Usaha Percetakan Digital

1. Siapkan mental anda untuk memulai bisnis ini

2. Siapkan modal untuk membelian peralatan sebagai berikut :
    a. Komputer (Minimal PIII )
    b. CD Tutorial Corel Draw + Photo Shop + Software Instant
    c. Software,template dan sebagainya.
   d. Printer Mini Infus + Tinta ( Tinta Khusus )
   e. Mesin Pemotong , Binding,Laminator,Template,Dll.
   f. Bahan Laminasi Roll,Laminasi Sticker,Kertas Sticker
   g. CD Format Ukuran Photo, Contoh Desain, Background Photo,    Frame Bingkai Photo, Frame Kalender.

3. Ada juga yang menyedikan paket percetakan lengkap..rata rata dengan peralatan sebagai berikut :
-1 unit Printer Epson T1100 (A3+/329cm) + Infus Tinta Dura-Ultra 4-T (Art Paper)
-1 unit Automatic Business Card Cutter
-1 unit Corner Inverse Punch
-1 unit Paper Cutter A3
-2 Pak Kertas Art paper 260 Gsm A3 isi 25 lbr
-2 Pak Kertas Art Paper 150 Gsm A3 isi 50 lbr
-2 Pak Kertas Art Paper 100 Gsm A3 isi 100 lbr

4. Lakukanlah take action untuk memulainya

5. Berserah diri kepada yang maha esa sesudah melaksanakan semuanya dengan terbaik.


Nah jadi sudah siapkah anda melaksakan pandangan gres bisnis rumahan ini? jangat berifikir lama, action dulu sambil proses belajar, kan setiap bisnis pasti ada lika likunya kan. Itu saja artikel  tentang Membuka perjuangan percetakan dengan modal kecil. semoga bisa bermanfaat bagi anda. Terima kasih 
 
 

Analisa Usaha Percetakan Modal Minim

Salah satu perjuangan yang sedang booming dan senantiasa dibutuhkan banyak orang kini ini yakni perjuangan percetakan. Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, perjuangan percetakan bukan barang glamor lagi yang memerlukan modal perjuangan yang sangat besar. Namun kini bisnis percetakan sanggup dimulai dengan modal minim. Anda tertarik menekuni bisnis percetakan dengan modal minim?! Jika anda tertarik, silahkan untuk melanjutkan membaca.

Usaha percetakan merupakan sebuah bisnis yang sangat menguntungkan dimana omzet perjuangan bisa diraih sebanyak ratusan juta rupiah perbulan. Bisnis percetakan kini ini bukan hanya bisa dilakukan oleh orang yang mempunyai modal perjuangan besar. Namun, kini orang yang mempunyai modal minim dan terbatas pun bisa melaksanakan perjuangan percetakan. Usaha percetakan ini bisa dijadikan bisnis sampingan untuk menambah penghasilan maupun dijadikan sebagai bisnis utama.

Analisa Usaha Percetakan Modal Minim
Sebenarnya bisnis percetakan bisa dijalankan tanpa modal uang sama sekali. Caranya anda hanya menjadi mediator atau broker antara pemesan dan pihak perusahaan percetakan besar. Keuntungan yang anda raih yakni selisih dari harga jasa percetakan. Sehingga pekerjaan anda menjadi ringan, tanpa perlu direpotkan dengan membuka dan menjalankan perjuangan percetakan mirip mendesain dan mencetak. Akan tetapi, pekerjaan utama anda yakni mempromosikan jasa percetakan kepada public atau sebagai seorang marketing. Agar konsumen percaya kepada jasa percetakan yang anda jalankan, maka anda bisa membuka kios atau gerai bisnis percetakan di rumah atau sekitar tempat tinggal yang strategis. Di dalam kios atau gerai percetakan itu tersedia banyak sekali macam rujukan kartu nama, rujukan surat undangan, rujukan spanduk, rujukan neon box, rujukan stempel, rujukan banner, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan contoh-contoh itu secara gratis, anda bisa menjalin kerjasama dengan pihak percetakan. Kemudian untuk mengenalkan jasa percetakan, anda bisa memasang spanduk, umbul-umbul atau reklame di depan kios percetakan anda.

Adapun perjuangan jasa percetakan yang anda jalankan nantinya melayani pembuatan kartu undangan ijab kabul atau sunatan. Keuntungan higienis dari bisnis jasa percetakan kartu undangan ijab kabul maupun sunatan ini terbilang tidak mengecewakan besar yakni 20 % s/d 30%. Naluri bisnis harus dijalankan jikalau ingin sukses menjalankan bisnis percetakan ini. Misalnya ada saudara, sanak famili atau tetangga atau sobat dan kerabat yang mau menikah maka anda hendaknya bergerak cepat untuk menawari mereka kartu undangan yang tentunya mereka sangat perlukan. Atau sanak saudara, teman, kerabat mau melaksanakan sunatan anaknya maka anda bisa cepat menawarkan mereka penawaran atas jasa percetakan yang anda lakukan. Setelah mereka menyetujui harganya, langkah selanjutnya yakni meminta uang muka kepada mereka. Sehingga mudah anda berbisnis percetakan tanpa modal using sama sekali. Enak kan?!

Demikianlah Analisa Usaha Percetakan Modal Minim yang sanggup anda jalankan dari bisnis percetakan kartu undangan dan produk percetakan lainnya. Sebenarnya masih banyak lagi produk dari bisnis percetakan yang bisa anda  jadikan sebagai perjuangan menguntungkan mirip jasa percetakan spanduk dan banner, pembuatan neon box, jasa pembuatan surat jalan, kwitansi, kop surat, stempel dan lain sebagainya.

Memulai Usaha Bisnis Percetakan Rumahan



PERCETAKAN salah satu dari sekian peluang perjuangan yang paling sering dijumpai, baik di lingkungan rumah atau di kantor. Bisnis perjuangan percetakan akan selalu ada seiring pertumbuhan ekonomi. Tapi banyak kombinasi situasi dankondisi yang muncul tatkala seseorang ingin memulainya. Dari mana harus memulainya? Mau eksklusif investasi untuk memulai perjuangan percetakan? Seberapa besar peluangnya…?


Banyak orang yang mempunyai  cita-cita untuk memulai berwirausaha, tapi kadang gundah memulainya. Dimulai dari tidak fokusnya pilihan atas bidang perjuangan apa yang hendak dijalankannya hingga terbentur persoalan permodalan untuk memulai usahanya. Ada juga sementara kalangan yang kebetulan justru mempunyai cukup modal untuk membiayai niat usahanya, tapi juga gundah harus menentukan apa jenis perjuangan yang mau digarap olehnya. Banyak kondisi dan kombinasi situasi yang muncul tatkala suatu peluang perjuangan sudah ada di pelupuk mata, tapi tidak lekas disambar dan didayagunakan, salah satunya yakni PELUANG MEMULAI BISNIS USAHA PERCETAKAN.
Jangan ragu untuk memulai, simak TIPS Memulai Bisnis Usaha Percetakan secara garis besarnya :

LIHAT dan PERHATIKAN PELUANG DI SEKITAR KITA
Pernahkah Anda sesekali kebetulan mendengar ada tetangga bahkan kerabat terdekat berencana melangsungkan hajat ijab kabul / khitanan?

Coba dekati dan cari tau apakah Undangan Pernikahan / Khitanannya sudah ada yang mengurusinya. Dekati secara personal dan yakinkan kepadanya bahwa Anda sanggup membantu menyiapkan undangan tsb hingga jadi. Ini sebuah peluang !

Ada lagi nih peluang : – perhatikanlah dan buat daftar macam2 form di kantor Anda, pasti ada barang cetakan. Coba anda cari tau kira2 berapa banyak kebutuhannya. Cari kesempatan terbaik untuk mendekati siapa yang biasa mengurusinya. Jangan eksklusif minta order kepadanya. Selidiki apakah ia itu hanya sebatas mengorder barang cetakan sepenuhnya ke Percetakan atau ia menjalankannya sendiri. Kalau cuma order ke percetakan, coba tawarkan bahwa anda bisa “membantunya”. Tentu saja dengan sedikit diplomasi.

Bila Anda peka, melihat lebar-lebar dan pasang telinga, sebetulnya di sekeliling Anda banyak peluang yang bisa dijadikan “obyekan”. Tapi hal kecil ini bisa menjadi PELUANG BISNIS USAHA PERCETAKAN & GRAPHIC DESIGN yang terlewatkan bila tidak tahu atau tepatnya tidak berani memulainya. Bila Anda mendapatkan kesempatan, baik itu di kantor, komunitas bergaul, lingkungan rumah ataupun untuk kebutuhan sendiri- peluang Anda diminta dan ditanya mengenai DIMANA SAYA BISA MENCETAK barang mirip ini? Ambil peluang tersebut ! Jangan lihat besar-kecilnya order. Kesempatan ini gak bakalan lewat dua kali di hadapan Anda. Namun bila Anda ambil order ini, kesempatan kedua dan seterusnya akan menghampiri Anda dengan sendirinya.

Saran saya, untuk tahap pertama, jangan pernah membayangkan Anda bakal segera menerima untung yang besar bila menerima peluang tersebut. Sudah diberi kepercayaan untuk menjalankan order tsb saja sudah merupakan mukjizat bagi Anda! Kalau perlu nggak pake untung dulu deh. Yang utama yakni orang akan segera tahu bahwa Anda punya keahlian yang sanggup diandalkan. Nah, pada peluang kedua dan seterusnya, barulah Anda mulai berhitung dengan cermat berapa persen laba yang harus Anda raih dari order berikutnya.

JANGAN PERNAH TOLAK ORDER
Anda pernah “dimintai tolong” oleh boss, mitra atau kerabat bersahabat Anda? Yang dimaksud dimintai tolong disini tentunya yang beraroma “bisnis”. Jika Anda cukup sering “disuruh” mengorder sesuatu, atau bahkan Anda sanggup bocoran ( nguping! ) dari dialog yang gak disengaja, eksklusif bilang saja kalau Anda sanggup mengerjakannya…!! JANGAN SEKALIPUN PERNAH MENOLAK ORDER tersebut ! Order apapun jangan pernah ditolak, apalagi order cetakan.

Walaupun gres pertama kalinya Anda menghadapi order cetak, terima saja order itu. No problem, bila Anda belum paham liku-liku percetakan. Entah itu ordernya harus dilempar lagi ke pihak lain atau Anda bisa berhubungan lagi dengan orang lain, itu soal lain. Yang penting order itu harus jadi, harga pantas dan si pemberi order merasa puas. Dengan demikian ada pencitraan diri, bahwa anda yakni orang yang sanggup diberi kepercayaan untuk menuntaskan order dimaksud. Pandai-pandailah Anda berdiplomasi dan meyakinkan calon customer Anda, terutama dari kalangan terdekat Anda.

SERING BERTANYA
Mulailah perjalanan Anda mendapatkan order perdana ini. Langkah pertama dan paling ekspres tanpa mengandung resiko kesalahan yakni Anda sanggup mendatangi salah satu PERCETAKAN yang Anda yakini bonafid. Tanya berapa harga cetakan disini dan terapkan selisih harga jualnya kepada konsumen Anda. Langkah ini safe, tapi Anda tidak akan mendapatkan ilmu apapun dari orang percetakan tersebut. Boro-boro membagi ilmu, untuk mengurangi margin manfaatnya saja bahkan tidak mungkin.

Nah, kalau Anda mau sedikit capek dan sanggup ilmu, datangi saja TOKO KERTAS dan tanyakan rujukan kertas / media yang Anda bawa untuk dicetak. Tanyakan berapa harga kertas terakhir. Jangan sungkan bertanya. Tanya apa saja mengenai proses produksi percetakan. Anggap saja Anda orang paling kurang bakir sedunia pada dikala itu. Simak dan dengarkan keterangan dari si penjual kertas. Toko kertas yakni pihak yang sedikit paling terbuka dalam menjelaskan tahapan PROSES PRODUKSI PERCETAKAN. Tapi ingat, mereka gak akan buka verbal sebelum mereka yakin Anda akan membeli materi baku darinya.

Bertanyalah sedikit saja dikala datang, bertanya lagi dikala si penjual sedang menulis nota pesanan, dan bertanya sekali lagi dikala Anda menunggu barang pesanan disiapkan. Lalu bawalah keluar pesanan Anda tersebut. Tunggulah barang setengah jam lagi. Kemudian Anda bisa balik lagi ke toko kertas itu, berpura-puralah akan membeli lagi, sambil bertanya-tanya. Lumayan, nambah-nambah ilmu sedikit. Itu triknya…

MENGENAL PROSES PRODUKSI PERCETAKAN

Proses produksi percetakan tidak akan sanggup Anda hapal diluar kepala menyerupai Anda sanggup menghapal siklus kehidupan rutin Anda semenjak berdiri tidur hingga tidur lagi nanti malam.

Tahapan ini akan berjalan lancar dengan sendirinya, seiring proses matangnya perjuangan Anda menekuni bidang ini. Tapi, sebagai langkah awal, Anda sanggup menulis di diary kerja bagaimana sketsa tahapan yang harus dijalankan mulai dari tahap mendapatkan order, menganalisa order, kalkulasi harga cetak , komponen produksi yang diperlukan, proses produksi, quality controlling, packing, delivering, pembayaran, dan after sales service yang baik.

INVESTASI

Mau eksklusif investasi untuk memulai perjuangan percetakan ? Berapa biayanya ? JANGAN INVESTASI DULU ! Mengapa demikian ? Memang, sebuah perjuangan bisnis tanpa investasi yakni hal yang nonsens ! Jika finansial Anda kebetulan cukup untuk memodali perjuangan ini, sebaiknya ditunda dahulu untuk penginvestasian alat-alat kerja produksinya, terlebih yang cukup menyedot biaya besar. Lebih baik Anda fokus terlebih dahulu mencari peluang-peluang order. Dari order-order yang Anda dapatkan, Anda bisa memperdalam ilmu dan pengalaman Anda soal teknis proses produksi. Boleh saja Anda berinvestasi, tapi utamakan dulu hal-hal yang berkhasiat untuk memperlancar dan memperbanyak networking Anda sebagai pemasok order, mirip pengadaan alat komunikasi (HP, telp. atau fax) dan transportasi (mobil atau motor) yang kelihatan agak layak dimata client Anda. Utamakan fungsi utilitasnya bukan hanya demi gengsi semata dalam hal investasi barang-barang tersebut.

Kalau networking Anda sudah dirasa cukup luas dan order semakin menumpuk, barulah Anda boleh memulai investasi alat-alat produksi, mirip : – SDM, Komputer, Mesin Cetak, Mesin Potong Kertas, sewa Gedung / Ruko tempat usaha, dsb. Sebaiknya lagi, sebelum melaksanakan investasi mahal tersebut, coba anda susun aktivitas kerja yang lebih realistis hingga lima tahun ke depan. Buatlah casflow keuangan yang menggambarkan proyeksi aliran modal Anda untuk periode tersebut. Untuk tahun pertama anda memulai perjuangan dengan investasi besar, jangan pernah berharap Anda akan meraih untung besar, mungkin kerugian yang bakal diperoleh! Apalagi 3 – 6 bulan pertama, jangan frustasi melihat angka di pembukuan Anda selalu minus sebab selalu tersedot untuk biaya operasional. Tapi disinilah ujiannya. Mental Anda sebagai Enterpreneur akan ditempa oleh situasi mirip ini.

Jadi, berpikirlah dua kali seribu kali tiga, untuk memenuhi hasrat Anda menginvestasi alat-alat produksi yang berbiaya amat mahal – walaupun Anda merasa bisa – dan tidak akan jatuh miskin bila mengalami kebangkrutan. Tidak ada larangan untuk investasi, tapi berfikirlah positif. Banyak rujukan yang bisa dijadikan referensi untuk memulai Bisnis Usaha Percetakan ini tanpa perlu mengeluarkan modal besar.


0 Response to "Usaha Percetakan Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel