-->

Usaha Ternak Ayam Petelur Rumahan Dengan Modal Kecil

Apakah kita sanggup perjuangan ternak ayam petelur rumahan dengan modal kecil? Selama ini bisnis ayam petelur negri dijalankan oleh pemodal besar dengan skala besar pula. Mungkinkah kita sanggup menghadapi mereka. Jawabannya bisa, optimis saja, lantaran tidak ada yang tidak mungkin. Mereka yang sudha besar juga berawal dri yang kecil. Sayangnya nih sahabat sahabat jikalau beternak ayam petelur skala rumahan dan letaknya ditengah pemukiman itu akan mengakibatkan polusi udara. Bisa saja sangkar ayam petelur yang mengakibatkan anyir amoniak tersebut di protes warga. Kaprikornus bagaiman solusinya?

Jika menurut undang undang no 41 2014 mengenai peternakna dan kesehatan hewan, syarat lokasi suatu peternakan harus jauh dari lokasi pemukiman. Minimal 200 meter dari batas luar peternakan. Selain itu harus ada susukan jalan dan sumber air bersih. Lalu bagaimana dengan letak sangkar ayam petelur skala rumahan yang ingin kalian bangun, apakah memenuhi syarat tersebut? Sekalipun itu berlaku untuk peternak yang mempunyai ayam 12rb ekor, namun pada pada dasarnya yakni anyir yang ditimbulkan, lantaran peternakan mustahil terlepas dari anyir kotorannya. Jika memang kalian punya solusi meminimalisir anyir kotoran itu tidak masalah. Warga akan memakluminya.

Mengenai Usaha Ternak ayam petelur rumahan


Jika kalian berniat memang mencoba ternak ayam petelur rumahan skala 100 ekor misalnya, mungkin sanggup diminimalisir dengan cara dibersihkan setiap pagi atau dimanfaatkan dna dikeringkan menjadi pupuk biar anyir tidak terlalu menyengat. Atau ada juga yang memadukan perjuangan ternak ayam perelur dengan ternak lele. Kaprikornus atasnya untuk ternak ayam peterlu bawahnya yakni bak lele, dengan begitu kotorannya dimakan lele lantaran kandungan ktoran ayam masih mengandung protein dan zat lainnya dri pakan yang kurnag tercerna sempurna. Ini mungkin solusi menghilangkan baunya.

Kendala lain yang dihadapi berupa pengadaan sangkar dan sarana produkski peternakannya.Kita tahu bahwa sangkar yakni daerah produksi bagi ayam, sudah seharusnya sangkar dibentuk sedmikian rupa biar ayam nyama berproduksi (bertelur). Kandang sendiri sanggup dibentuk menyesuaiakn daerah dan menyesuaikan jumlah ayam petetelur yang akan kita pelihara. Yang aak susah itu yakni pengadaan sarana produksi peternkan menyerupai pakan, vitamin, obat obatan dll, terutama pakan. Sebab pakan yang diharapkan setiap hari.


Memulai perjuangan ayam petelur skala rumahan


Lokasi dan desian sangkar


Pemilihan lokasi sangkar untuk ternak ayam peterlu rumahan sebaiknya jauh dari pemukiman, alasannya yakni kedepannya tidk galau ketika ada persoalan dengan polusi baunya. Pilihlah daerah di arepa persawahan atau pekarangan yang kurang produktif. Kemudian mengenai desain kandang,pilihlah sangkar sistem baterey. Kandang baterey yakni sangkar ayam yang setiap kota isinya disi satu-dua ekor ayam petelur. Hal ini mempermudah kontrol secara individu kalau ada suaty penyakit atau performancenya. Cara menciptakan sangkar ayam petelur sistem baterry dari bambu, ada juga yang besi, namun pertimbangkan juga biayanya. Jika kurang paham sangkar sistem battery, sanggup lihat gambar dibawah ini.
Apakah kita sanggup perjuangan ternak ayam petelur rumahan dengan modal kecil Usaha Ternak Ayam Petelur rumahan Dengan Modal Kecil
contoh kadang ayam petelur


Menentukan bibit ayam petelur


Sebagai awalan baik memelihara ayam petelur yang sudah siap telur. Sebab perawatannya lebih simpel dan tidak terlalu lma untuk menunggu ayam berproduksi. Jika muli dari anak ayam atau DOC harus berguru administrasi pemeliharaan doc hingga pullet (ayam siap telur). Memang sih harga doc ayam petelur lebih murah dari harga ayam petelur siap telur, namun resiko selesai hayat doc lebih tinggi dari DOC. Jika tidak tahu sama sekali dasarnya, kemungkinan tingkat deplesinya(kematian) tinggi. Harga ayam petelur siap telur kisaran 60-70 tergntung strainnya.

Manajemen pemeliharaan


Ini yakni inti dari kegitan perjuangan ternak ayam petelur rumahan, yakni manajemennya.Mulai dari managemen kandang, pakan, penyakit hingga managemen telur sendiri. Mungkin perihal managemen akan saya jelskn lebih detail di artikel berbeda. Sementra akan saya bahas secara umum saja ya.

Managemen sangkar open house:


Peralatan dan perlengkapan kandang:

Tempat pakan dan daerah air minum (bisa memakai sistem manual maupun otomatis)

Lampu penerangan : Lampu penerangan berfungsi menstimulasi ayam petelur supaya tetap doyan makan dn membantu mengontrol ketika malam dna pagi hari.

Rak telur atau egg try : Mengumpulkan sementara telur ayam

Selain peralatan dan perlengkapan, kalian juga harus membersihkan kandang, alasannya yakni sangkar kotor sanggup menjadi media sementra bibit penyakit sebelum ke ayam. Begitu juga dengan kotoran yang dibawah, harus dibersihkan secara terpola biar tidak mengakibatkan anyir amoniak berlebih.


Managemen pakan


Pakan yakni yang utama dan paling penting dalam perjuangan ternak ayam petelur skala rumahan maupun skala besar. Sebab pakan yang berafiliasi pribadi dengan produksi telur. Pakan cantik dan seimbang maka produksi telurnya pun bagus. Begitu sebaiknya. Pakan diberikan pagi jam 09.00 dan sore hari 15.00 bersamaan dengan pengambilaan telur biar mengurangi kemudian lalang manusia. Sebab ayam petelur termasuk binatang yang simpel stress. Klau hingga strees tentuakan menghipnotis produktivitas telur.

Pakan didapatkan dari pultryshop terdekat atau kalau galau dengan sarananya pakan dan bibitnya kalian sanggup kerjasama dengan marketing atau TS sebuah perusahaan kemitraan ayam. Tapi syaratnya kalian harus mempunyai ayam 3rb. Kalau skala rumahan tidak bisa.

Managemen kesehatan


Ada progam dalam ternak ayam petelur rumahan baik skala besar yakni vaksinasi. Vaksinasi yakni proses pemasukan vaksin ke badan ayam biar kekebalan ayam baik. Vaksin yakni bibit penykit yang dimatikan atau dilemahkan. Vaksin yang dipakai yakni vaksin penykit yang sering menyerang ayam petelur menyerupai ND dan AI. Maksudnya dari proses vaksinasi ini, kalau ada penyakit tersebut menyerang, ayam sudh kebal dengan penyakit tersebut.

Untuk santunan obat disesukan dengan penyakit penykit yang menyerang (kondisional) santunan obat efektif melalui minum atau dicampurkan pakan. Untuk santunan vitamin usahakan vitamin yang berafiliasi dengan peningkatan produksi telur. Seban vitamin dari pakan kadang kurang, perlu ditambah.

Managemen telur


Di sub serpihan managemen pakan sudah saya singgung bahwa pengambilan telur dilakukan bersamaan dengan jam santunan pakan. Pengmbilan telur secara manusal memakai egg try. Selain itu telur harus melewati sortir telur, memisahakan telur normal, tidak normal dan rusak. Telur normal dijual dipasar. Telur rusak atau tidak normla biasanya ke pabrik roti atau ke warga sekitar.

Mungkin klarifikasi mengenai perjuangan ternak ayam rumahan segeini dulu ya teman. Kalian sanggup membaca lebih lengkapnya di artikel yang saya buat mengenai managemen pemeliharan ayam petelur untuk pemula. Sekian semoga bermanfaat.

0 Response to "Usaha Ternak Ayam Petelur Rumahan Dengan Modal Kecil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel